Sebuah Rencana Halaman Kecil

Minggu, Juni 04, 2017

Setelah beberapa kali purnama datang dan hilang di atas kepala saya. Saya mendapatkan sebuah wangsit. Sebuah rencana yang semoga tidak hanya mencadi wacana. Wangsit itu datang ketika saya memandangi tumpukan buku di dalam kamar yang penuh dengan gombal yang belum di cuci selama... entah, saya lupa, sebab sudah lama menggunung bak tumpukan sampah di pinggir sungai ulah tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Di dalam kamar yang baunya — abu rokok, keringat, baju berjamur, dan bau khas kamar yang bercampur — tidak bisa dideskripsikan, otak saya tersengat bau itu dan akhirnya roda-rodanya kembali berjalan. Sambil memandangi tumpukan buku dan sesekali cewek-cewek ekebi berbikini, saya membayangkan sebuah rencana yang sungguh kemlithi.

Jadi begini, saya berencana membuat perpustakaan keliling. Tidak butuh gedung. Cukup tas untuk wadah buku-buku yang akan saya bawa. Sistemnya, saya akan membawa 5 buah buku di hari yang nanti akan saya tentukan. Entah hari apa, saya belum tahu, pokoknya sekali dalam seminggu. Buku itu akan saya pinjamkan secara gratis. Kalau mau pinjam, cukup meninggalkan kartu identitas saja. Sempat teman-teman bilang ke saya untuk meminjamkan buku secara berbayar, tapi saya tetap pada prinsip kalau buku saya tidak akan diuangkan. Nantinya, buku tersebut harus dikembalikan di minggu berikutnya. Dengan syarat, buku harus terawat, tidak boleh hilang, tidak boleh ada tekukan, kerusakan, atau surat-surat iseng untuk mantan. Tidak, tidak boleh.

Untuk tempatnya, saya akan ndekem di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Dan baru akan berjalan mulai semester depan. Kekurangan dari rencana ini adalah koleksi buku saya yang tidak banyak, dan tidak bermacam-macam jenisnya. Jadi, saya stok 5 buku yang saya punya, judulnya saya yang tentukan. Jadi, tolong jangan terlalu berharap untuk bisa memesan buku yang kalian inginkan. Seadanya saja, dan semoga yang ada yang sedang kalian ingin baca. Semoga. Juga masalah tempat yang hanya beroprasi di sekitar UNDIP saja.

Tetap akan ada pembaharuan untuk buku-buku terbitan baru, tapi tidak terlalu banyak. Sebab, belinya pake uang tjuy. Dan mahasiswa yang makan tiga hari sekali saja hanya menjadi sebuah wacana ini tidak bisa membeli banyak buku. Jadi sekali lagi, seadanya saja ya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, mungkin bisa saya posting di kiriman selanjutnya. Jika ada saran atau apa, tolong tulis di komentar ya. Sebab, saran kalian sangat membantu rencana yang semoga bukan menjadi wacana saya.

Oh iya, kalau ingin membantu, bisa. Sangat bisa. Tentunya, dalam bentuk donasi buku. Sila hubungi saya.

Nomer HP : 085741148493

ID Line : Poncoutinho10 (tapi maaf kalau slow respon, maklumi saja, sebab tidak punya smartphone untuk membukanya, dan hanya mengandalkan laptop yang sering lag kalau buat main game)

E-mail : Poncoutinho10@gmail.com (yang ini juga slow respon tapi pasti saya balas)

Terimakasih teman-teman, mohon do'a dan dukungannya.


You Might Also Like

3 komentar

  1. Haalloow poncow! Lama gak mampir! Org2an yg jadi headernya lucu ih. Hihi. Etapi mukanya agak mirip ma lu jg ye?

    Duuhh, mulia sekali pmikiranmu nak, sampe mau bkin prpustakaan keliling sgala. Dibayar malah gamau. Duh saya trharu bcanya :'D
    Prturannya jg sm kek d perpus2 sklah gtu ya? Hebats! Mstinya klo telat sih ada denda gtu, gue dsklah dlu bgtu.
    Biarpun sderhana tp niatnya bagus bgt, tulus :D gue doain deh moga nnti bsa buka perpus bneran yg gdungnya gede pake aceee. Aamiiinn:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo lulu, udah seabad nggak mampir sini :( enggak lah lu, lebih gantengan aku, ehehe.

      iya lu, soalnya koleksiku nggak diuangkan, hahaha, sok banget ya. denda ya, kayaknya ntar dipikirkan deh. amin lu, semoga lancar untuk langkah kecil ini.

      Hapus
  2. Artikel ini sangat kreatif semoga bermanfaat bagi semua terima kasih admin :)

    Tante Seksi
    Tante Bispak
    mahasiswi Bispak

    BalasHapus