Kenangan

Kamis, Juli 14, 2016

Beberapa waktu yang lalu aku mencoba membersihkan file-file di komputer. Banyak file yang udah nggak penting lagi yang semestinya dibuang. Saat membersihkan file-file tersebut aku menemukan beberapa tulisan jaman dulu. Yang pernah aku posting di blog sebelum ini.

Salah satu tulisan tersebut bercerita tentang kenangan. Sepertinya tulisan tersebut aku tulis setelah lebaran entah tahun kapan. Daripada tulisan itu aku hapus, lebih baik aku post di blog ini. 

-----------------

Kemarin aku baru kumpul-kumpul bareng anak SMP. Seneng banget, lama enggak ketemu ternyata banyak yang berubah. Yang dulunya aku pendek, sekarang udah lebih tinggian dari temen-temen (cieee). Ada yang dulunya kurus jadi gendut, ada yang dulunya gendut jadi kurus. Pokoknya banyak yang berubah.

Kumpul sama teman lama itu memang asik, bukan hanya untuk mempererat tali pertemanan tapi bisa juga untuk membuka kenangan-kenangan masa lalu waktu satu bangku, waktu satu kelas, waktu memakai seragam yang sama. Pasti banyak kenangan-kenangan yang terjadi sewaktu kita SMP, dan ini topik yang paling menyenangkan ketika kita bertemu kembali dengan mereka.

Kalau kita membuka memori-memori waktu SMP atau masa lalu, mungkin akan teringat saat-saat menyenangkan. Bertemu cinta pertama, pertama kali merasakan patah hati, menemukan sahabat-sahabat yang konyol, dan masuk ke BK gara-gara melanggar peraturan sekolah. Lalu tanpa sadar kita sudah meninggalkan sekolah itu, mengukir kenangan di dalamnya.

Mungkin saat itu kalian merasa hidup kalian membosankan, tapi saat 3 tahun berlalu atau 10 tahun yang akan datang. Kalian akan merindukan masa-masa itu. Masa-masa dimana kita melakukan banyak hal bodoh, masa-masa dimana kita mulai tumbuh dewasa, masa-masa di mana perjalanan kita mulai berat.

Kenangan, menurutmu apa itu kenangan?

Setelah menginjak dewasa aku tersadar bahwa telah banyak kenangan-kenangan yang terjadi di dalam hidupku. Ya, saat kalian membuka kembali kenangan masa lalu kalian, mungkin kalian akan merasa senang, atau merasa sedih, karena kenangan itu menyedihkan.

Manusia hidup membuat kenangan, manusia mati meninggalkan kenangan. Kenangan ini lah yang membuktikan kita hidup. Let’s make memories.

You Might Also Like

24 komentar

  1. Menurut saya kenangan itu adalah kenang diakhiri akhiran an

    BalasHapus
  2. Kenangan itu history. Apa yang disimpan dari masa lalu bisa jadi kenangan. Bdw, tulisannya jadul banget. Tapi tetap konsisten memakai kata ganti orang `Aku` yah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadul banget. Iya, dulu aku pake kata ganti orang pertama 'Aku'. Tapi pernah di blog ini pake 'Saya', dan akhirnya balik ke 'Aku'. #SejarahPemakaianKataGanti

      Hapus
  3. uhuuw.
    kumpul bareng temen lama selalu sanggu bikin kita berasa terus-terusan muda. paling gak bisa kalo pulang kampung gak kumpul-kumpul mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i. Pulkam nggak afdol kalo nggak kumpul bareng temen lama.

      Hapus
  4. kenangan/ke·nang·an/ n 1 sesuatu yang membekas dalam ingatan; kesan: ~ manis telah berlalu; banyak ~ indah saya alami selama saya melakukan widyawisata ke Pulau Bali; 2 kesan dalam ingatan (pikiran); ingatan: ~ nya cukup tajam mengenai peristiwa itu;

    itu kata KBBI sih, tapi kalau kata saya, kenangan itu... ah sudahlah, privasi masing-masing. saya bisa galau nanti

    BalasHapus
  5. Kenangan itu yg biasanya hadir setelah hujan.
    Eh itu genangan.
    Tapi kenangan ga jauh beda sih sama genangan, klo lg kangen dan membuka2 memori tentang kenangan di masa lalu, tau2 ada yg menggenang di pelupuk mata.
    Hmm kira2 begitulah.
    Tapi, gak baik jg klo terlalu lama larut dlm kenangan, ada baiknya kenangan itu cuma untuk pengingat atau bahan pembelajaran agar kita semakin baik dan bisa menciptakan momen yg baik jg ubtuk diingat di masa yg akan datang. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenangan yang bikin genangan :')

      Bener banget.

      Hapus
  6. Baca tulisan ini pas banget lagi kangen temen-temen, jadi tambah galau. Ternyata 3 tahun itu bukan waktu yang lama ya kalau sama temen-temen, galauuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. 3 tahun bukan waktu yang lama kalo sama temen-temen. Semoga cepet dipertemukan dengan temen-temennya, dan melepas kangen :))

      Hapus
  7. Kayak lagunya jikustik. Barisan puisi ini mencoba mengabadikan. Yang mungkin kan kau lupakan. Atau untuk dikenang. Intinya solusi dari laper itu adalah makan (nah looo?). Masa lalu memberi kita pilihan. Mengenang ato melupakannya.Biasanya sih salah satu cara mengenang itu dg bernostalgia. Dan kalo salah satu cara melupakan sih yaa...bakar barang2 dari si dia. Ehm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubungannya sama laper, gaje nih -__-

      Kenangan nggak melulu soal dia kok. Ini pun nggak bahas soal dia (?) :D

      Hapus
  8. hmm, jadi itu postingan lama yang kamu posting lagi yaa. masih kerasa banget keluguan kamu ketika nulis hehe. tapi masih mending lah lugu gitu, biasanya kan kalo postingan lama pasti kebanyakan alay-alay gitu.

    ngomongin kenangan, kayaknya agak sedikit baper nih. emang sih, ketemu teman-teman lama itu bisa membuat kenangan masa lalu terulang kembali. bahkan pas ketemu teman lama kita bisa menertawakan kenangan-kenangan konyol dulu. tapi memang kenangan itu hanyalah untuk dikenang, jadi udah nggak usah diratapi lagi, dikenang aja udah cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha keluguan anak SMA nya masih kental ya. Ini mungkin bisa disombongkan, kalo aku dari dulu nggak pernah nulis alay-alay gitu. Hahahahaha.

      Yo'i, kenangan hanya untuk dikenang. Jangan terlalu larut dalam kenangan.

      Hapus
  9. Jangan sampe kenangan ini dibuang, mending di post di blog kayak gini. Mungkin beberapa tahun yg akan dateng lo bisa senyum2 sendiri bacanya. Satu lagi, lo berarti udah dari dulu jago nulis ya? Boom! Sekarang aja udah kuliah dan udah sering dapet pertanyaan kapan lulus. Hebe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget kalo dibuang. Nggak jago sih, tepatnya kadang suka nulis. Semoga dihindarkan dari pertanyaan seperti itu :D

      Hapus
  10. Kenangan ituuu adalah bentuk lampau dari momen-momen berkesan yang berasal dan muncul dari masa lalu. Bisa menyenangkan ataupun menyedihkan.
    Kenangan seringkali muncul saat acara-acara reuni atau kumpul2 bareng temen-temen lama atau pas ketemu barang yang berhubungan dengan momen-momen di masa lalu.
    Dan biasanya kalau pas keinget kenangan itu bawaannya pasti baper.

    Tapi bener kata kamu, "Manusia hidup membuat kenangan, manusia mati meninggalkan kenangan. Kenangan ini lah yang membuktikan kita hidup"
    Makanya kita jangan menyesali kenangan yang ada dalam hidup kita. Tapi kita harus belajar dari kenangan yang kita punya di masa lalu.
    Dan kita juga harus menciptakan kenangan yang baik dalam hidup kita.
    Selain menciptakan kenangan yang baik untuk diri kita sendiri, juga untuk orang lain... :)

    Let's make memories... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i, kenangan adalah bagian dari diri kita. Jadi jangan disesali. Lebih baik untuk pembelajaran. Ehe :D

      Hapus
  11. Kalo ditanya apa itu kenangan, sama aja kayak ditanya buat apa hidup. Karena kenangan itu ada seiring kita hidup, kita yang bikin sendiri, kita juga yang inget nanti. Gokil :)) Let's make memories!

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  12. Aku juga suka sayang buang buang tulisan yang udah terlanjur di tulis tapi ternyata gak kelar. Mau di posting kok kadang terasa buruk. Gak di postig muazir hahaha jadi dilema. Tapi suka greget juga sih, menuh menuhin folder wkwkw.

    Berbicara kenanga.... Eng.... Ah sudahlah! Aku sedang malas mengenang yang sudah sudah. Biarlah berlalu saja whahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terasa buruk bisa diedit lagi. Kayaknya kita bakal terus ngelihat tulisan lama kita sebagai hasil yang buruk. Itu tanda bahwa kemampuan kita sudah naik :D

      Hapus