Minggu Pertama

Minggu, Maret 27, 2016

Sebelumnya aku menceritakan kalo aku sedang dalam proses untuk pentas. Yaitu Pentas Bulan Purnama. Untuk jadwal latihan dalam proses ini setiap senin sampai jum'at. Dari jam setengah empat sampai jam sepuluh atau lebih.

Di minggu pertama kita latihan olah rasa untuk mendalami karakter dalam naskah. Ada 12 karakter yang main di naskah ini. Tapi hanya 11 yang masih latihan. Diantaranya ada Pras sebagai RT, Devi istrinya Pras, Syarif, Saiful, Heru, Tika, Mela, Rara, Anjar sebagai istri Saiful. Di naskah ini aku dapet karakter sebagai Pras. Kalo pengertianku, olah rasa adalah ketika kita harus mendalami peran kita sesuai dengan karakter dalam naskah.

Kita disuruh membuang karakter asli kita sementara, dan memasukan karakter-karakter yang ada di dalam naskah. Aku yang karakternya..... pokoknya begitu (yah buat yang udah pernah ketemu pasti tau, dan yang belum pernah ketemu, susah buat jelasinnya), untuk sementara harus membuang karakter asliku dan memasukan karakter Pras, yaitu orang yang berwibawa dan berumur 45 tahun. Untuk lepas dari karakter asli ternyata sulit banget. Karena mungkin sudah terlalu nyaman berada di karakter asli, dan ada rasa enggan untuk melepaskannya. Jadinya untuk menerima karakter baru menjadi susah.

Agenda latihan di minggu pertama adalah dari jam setengah empat sampai setengah enam, lari muter kampus 3 kali yang 1 kalinya setara dengan 2 kali putaran lapangan sepak bola. Untuk aku yang nggak pernah olah raga ini berat banget. Pas selesai langsung ngos-ngosan, dan selangkangannya nyut-nyutan. Setelah lari kita pemanasan, dari yang ringan sampai berat. Setelah itu kita latihan vokal. Kalau ada waktu tersisa, kadang dibuat latihan yang lainnya, seperti olah gerak, blocking, dan yang lainnya.

Malamnya kita reading, yaitu membaca naskah. Kita belajar intonasi, artikulasi, dan letak-letak tanda baca dalam naskah. Pas awal-awal reading banyak kesalahan yang dibuat. Salah satunya adalah blibet. Pernah pas bagiannya Syarif yang seharusnya dia ngomong "...... cucu Adam," Syarif ngomongnya "....... susu Adam,". Pas bagian Saiful yang seharusnya ngomong "..... kandungan istri saya," malah ngomong "...... kandungan saya,".

Dari minggu pertama kita nggak hanya belajar tentang hal-hal yang ada dalam pementasan. Kita juga belajar disiplin. Pernah kita berangkat telat dan enggak ijin, akhirnya kita disuruh freeze, atau diam nggak bergerak dengan tangan diangkat selama lebih dari setengah jam. Dan itu waktu cuaca panas banget. Dan parahnya lagi kita nggak pake sendal, berdiri di atas batako yang panasnya udah kayak kalo lihat pacar jalan sama selingkuhannya.

Kita juga belajar sopan santun. Pernah kena marah gara-gara pas latihan kita ribut sendiri, enggak serius, ngomongnya ceplas ceplos. Dan itu menandakan sopan santun kita kurang. Pokoknya dalam proses ini kita belajar banyak hal. Enggak hanya soal keaktoran.

Oh iya, di minggu pertama kita disuruh bikin kayak tagline gitu. Buat kata-kata penyemangat dan kata-kata itu mungkin akan menggambarkan tim pentas tahun ini. Karena judul naskah kita 'Sang Penanggal', aku coba usul sebuah tagline, yang akhirnya dipakai, yaitu 'tidak pernah tanggal'. 'Tanggal' menurut KBBI adalah terlepas, atau bisa juga jatuh, atau tumbang. Jadi kita berharap salah satu dari kita tidak akan ada yang telepas, dan keluar dari tim pementasan tahun ini. Semoga kita benar-benar tidak pernah tanggal. Semangat.

You Might Also Like

11 komentar

  1. Syarif, Saiful, Heru, Tika, Mela, Rara, Anjar sebagai istri Saiful.
    Maksudnya dari syarif sampe anjar itu jadi istrinya saiful co?
    Wah banyak amat istrinya y
    Udah gitu engga cuma cewek lagi yg jadi istrinya
    Hebat2
    Kok freeze dijemur ya sampe kepanasan? Kan freeze itu deket sama kata freezer
    Freezer itu kan dingin ya, kok malah panas dijemur
    Aneh
    Enak g jadi pak rt?

    BalasHapus
  2. waah moga sukses co, sesuai juga denga tagline nya. banyak banget istrinya co.
    lebih dari setengah jam berdiri diatas batako panas gitu, mantaapp.
    ternyata cuma buat kek gitu latihanya banyak juga ya,

    BalasHapus
  3. Cie yang jadi Pras :D
    hahaha keren, sukses ya buat pentas teaternya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh bukan teater ding haha sorry film ya cong?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. oh teater toh, saya pikir dilihat dari judulnya ini tentang minggu pertama maksudnya minggu pertama pacaran, nikahan, atau abis putus. Eh ternyata tentang teater haha

    semangat! X)

    BalasHapus
  5. wawaawawaa....kasih pict dong biar tambag=h tau kegiatan latian. kayaknya seru juga jadi anak teater. ditunggu acara pementasanya qaqa :)

    BalasHapus
  6. Wah goodluck deh.. Jadi artis teater neh haha :D

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  7. Kandunganku???? Kandungan kamu deket selangkangan?
    Tapi pas baca ini, aku jadi tau banyak. Ternyata ga mudah ya, dan asik juga. Jadi mupeng hehe
    Sukses ya kaaa^^

    BalasHapus
  8. Mantapp. Sukses gan

    Errygusman.blogspot.com

    BalasHapus
  9. proses reading ini juga dilakukan ama semua pemain film ato sinetron juga kan yaa...bukan cuma teater kan? Suka kagum deh ama aktor2/aktris yg bisa mengubah karakter mereka dengan karakter peran.. Aku memang ga bakat soal akting2 gini :D.. cocok jadi penonton aja :)

    BalasHapus