#WalkOutOn77 : Football Without Fans Is Nothing

Minggu, Februari 07, 2016

Kalian sering main Twitter? Atau bahkan kalian malam mingguan di timeline Twitter? Kalau kalian buka Twitter malam ini, mungkin kalian akan menemukan hashtag #WalkOutOn77. Sebenarnya apa arti hashtag tersebut? Apakah film baru? Atau drama tentang dunia politik terbaru? Atau lagu CJR terbaru?

assudahlah.blogspot.co.id
#WalkOutOn77
Sebelumnya, aku pengen cerita kesedihan di malam minggu ini yang berkaitan dengan #WalkOutOn77. Bagi fans Liverpool yang enggak jomblo, malam minggu ini adalah malam yang pantang keluar dengan pacarnya. Karena malam ini ada pertandingan Liverpool vs Sunderland. 

Tapi sayangnya malam ini Liverpool gagal menang (lagi). Bagi aku yang fans Liverpool ini, atau disebut Kopites, malam ini adalah malam tersuram. Gimana enggak? Liverpool sudah memimpin 2-0 dan kemenangan di depan mata. Tapi semuanya berubah sejak menit 77. Ada apa dengan angka 77?

Ada sebuah kejadian unik di pertandingan Liverpool vs Sunderland ini. Ada sebuah insiden yang terjadi di menit ke 77. Yaitu aksi #WalkOutOn77. Apa itu aksi #WalkOutOn77? Jadi #WalkOutOn77 adalah sebuah aksi dimana para Kopites yang datang ke stadion keluar di menit ke 77. Kenapa? Karena mereka menolak harga tiket yang akan naik seharga £77. Harga yang tidak murah yang dibayarkan para Kopites hanya untuk melihat Mignolet kebobolan gawangnya. Ehh.
assudahlah.blogspot.co.id
spanduk yang menggambarkan fans dikuras uangnya oleh pihak klub

Anehnya, entah kebetulan atau tidak, setelah para Kopites melakukan aksi protes #WalkOutOn77, permainan skuad LFC jadi ancur. Mungkin mental pemain LFC jadi down karena ditinggalkan para fansnya. Kemudian Sunderlan, lawan Liverpool, bangkit dan mengejar ketinggalan. Ini menunjukan kalau fans sangat berpengaruh untuk sebuah tim. Bahkan ada yang bilang kalau fans adalah pemain ke 12.

Carragher, legenda LFC pun ikut melakukan aksi #WalkOutOn77. Dia ikut keluar dari stadion di menit ke 77 sebagai bentuk dukungan terhadap penolakan kenaikan harga tiket. Bahkan sang legenda pun kecewa dengan kebijakan pemilik klub yang akan menaikan harga tiket.

Jamie Carragher #WalkOutOn77
Semoga setelah gerakan ini pemilik klub mengurungkan niat untuk menaikan harga tiket. Karena kehilangan fans sama seperti kehilangan jiwa tim. Buat John W. Henry (pemilik klub), fans bukanlah ladang uang. Ingat, Football Without Fans Is Nothing!

assudahlah.blogspot.co.id
Football Without Fans Is Nothing

You Might Also Like

13 komentar

  1. Bahahahaha, langsung dibikin postingannya loh, keren !!

    Iya sayang banget, bukan cuma suporter doang kayaknya tadi yang WO, tapi mignolet kayaknya ikutan mogok juga noh, makanya langsung kebobolan 2 ..

    Yuhu~~ Sepak bola nggak seru kalo nggak ada gemuruh supporter !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalo nulisnya besok bakal lupa, bwahahahaaha.

      Mignolet mah gitu. Dia suka baik ditempat yang salah. Ngebiarin tim lawan bobol gawangnya.

      Yo'i. Supporter adalah jiwa tim.

      Hapus
    2. Udah lama ngga baca artikel berbau sepak bola. Dan, akhirnya~

      Hapus
    3. Lama nggak buat artikel yang berbau sepak bola juga nih.

      Hapus
  2. iya co
    gw juga yg nonton langsung di anfield juga ikutan wo
    padahal sebelumnya gw baru aja dari etihad stadium buat nonton city vs leicester
    eh engga nyangka city kalah

    BalasHapus
  3. Benar sekali, Co. Sepakbola tanpa suporter, tidak akan seru. Justru, karena suporternya lah sepakbola itu menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini. Bahkan, sedikit perdebatan antara satu suporter klub dengan suporter klub lainnya, itu merupakan bumbu dari sepakola itu sendiri.

    Seharusnya, pihak klub bisa menyadari hal itu. Tapi, mungkin ada pertimbangan lain dari pihak klub atau gimana. Ya, yang jelas gitu sih. Football Without Fans Is Nothing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bang, nggak ada supporter nggak rame.

      Ini sih murni kepentingan keuangan bang. Klub gede aja nggak sampe segitunya harga tiket di tribun utamanya. Nah ini, mahal banget.

      Hapus
  4. IYA NIH BENER BENER GILA BANGET KEMAREN TUH KEREN ABIS!!! *teriak fans karbitan di belakang* :))

    BalasHapus
  5. gue juga kemaren nontonnya sedih.. pake acara Kloop absen.. :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Lagi sakit dia, makin sakit deh.

      Hapus
  6. Aku baca ini sebenernya agak agak gimana gitu, mungkin karena bukan fansnya bola kali ya. haha..

    BalasHapus