Begadang Jangan Begadang

Senin, Februari 08, 2016

Kemarin aku nonton salah satu acara di TV. Di acara tersebut memberikan sebuah fakta kalo 'keseringan begadang bisa menyebabkan otak mengecil'. Entahlah itu sebuah fakta atau sekedar opini. Tapi setelah mengetahui itu aku jadi takut begadang. Takutnya kalo otakku mengecil sekecil otak ayam. Tapi sepertinya nggak seekstrim itu.

Masalahnya siklus tidurku sekarang sudah berubah. Pagi tidur sampe siang dan malemnya melek sampe subuh. Sebenernya sih nggak pengen begadang terus, tapi dipaksain tidur juga nggak bisa. Padahal aku udah lakuin hal-hal yang bisa bikin ngantuk. Kayak ngitung domba, bayangin hal-hal yang enak-enak, sampe bayangin domba lagi enak-enak, udah tak lakuin. Tapi tetep aja mata ngajak melek terus.

Apalagi pas liburan panjang kayak gini. Presentase begadangku makin naik drastis. Soalnya liburan kali ini aku cuma membusuk di rumah. Siklusnya seperti ini: tidur jam 5 pagi - bangun jam 1 siang - di depan laptop sampe jam 5 pagi - ulang dari awal. Bener-bener liburan yang nggak produktif banget. Lama-lama dimarahin bang Haji Roma nih. Gara-gara begadang yang tiada artinya.

Sepertinya kebiasaan begadang ini terbentuk beberapa bulan yang lalu saat mulai ngekos. Karena di kos nggak ada ibu yang suka marah-marahin aku kalo begadang, akhirnya begadang pun jadi lancar. Yang paling parah kalo begadang nonton anime. Padahal udah ngantuk, tapi dipaksain dengan alesan nanggung. Nanggung ah satu episode lagi, nanggung ah masih rame, nanggung ah udah mau klimaks, nanggung ah udah mau habis. Nanggung-nanggung terus sampe episode terakhir dan pas lihat jam ternyata udah pagi.

Akhirnya kebiasaan begadang aku pun terbentuk. Masalahnya gini, salah satu efek keseringan begadang adalah otak mengecil, dan salah satu efek otak mengecil adalah pelupa, dan aku sebenernya udah pelupa. Jadi kalo keseringan begadang aku bakal tambah pelupa. Takutnya sih pas bangun-bangun tiba-tiba aku chat gini:

"Beb, nanti malem jadi malem mingguan nggak? Kalo jadi mau kemana?"

"Eh? Bukannya kita udah putus ya?" bales sang mantan.

*Kemudian jedotin kepala ke punden berundak*
 
Nah gitu. Takutnya aku lupa kalo ternyata aku udah putus sama mantanku, chat ngajak jalan, terus disadarin kalo sebenernya kita udah putus, terus karena stres dan malu akhirnya aku bunuh diri. Aku nggak mau karena aku keseringan begadang nanti jadi pelupa dan muncul sebuah berita di koran, 'seorang mahasiswa tergletak di kamarnya gara-gara lupa sudah tidak punya pacar'. Kan cupu banget.
 
gambar pemanis nyomot di sini

You Might Also Like

54 komentar

  1. Lebih kurang sama dengan gue, Co. Mulai aktif begadang waktu awal-awal kuliah. Ngekos, satu rumah sama anak-anak yang udah pro dalam hal begadang, ngePes. Emang susah aja kalau mau tidur cepat.

    Bisa sih tidur cepat. Tapi kalau udah kecapekan kali. Kalau nggak capek-capek amat, jangan harap bisa tidur cepat.

    Ini aja gue ngomentarin blog lo udah jam 4 pagi. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama brarti bang, kebiasaan begadangnya makin parah pas awal-awal masuk kuliah. Iya bener, kalo capek tidurnya cepet. Masalahnya liburan ini aku nggak ada capek-capeknya sama sekali bang.

      Hapus
  2. untung aja saya sudah gak terusin kebiasaan begadang ini soalnya makin dikerjainmakin buat orang badmood harinya.
    Tips dari saya supaya berhenti begadang itu, cukup buat hari-hari sibuk dan capek jadi bisa tidur cepat malamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Semoga aja bisa berhenti dari aktifitas begadang yang tiada artiya ini.

      Hapus
  3. set udah kayak kalong aja pagi-pagi tidur, malam-malam melek
    .
    bahaya tuh kalo sering begadang, apalgi kalo udah jadi pelupa
    lama-lama kan bisa lupa sama diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i, anak Pekalongan harus kayak kalong dong, tidurnya pagi. *nggak bener*

      Aku pengennya sih lupa sama lu nik -__-

      Hapus
  4. Wah, kita samaan nih. Kalo libur begadang gue jadi brutal gitu. Gue sebenarnya ngga mau begadang,btapi, gitulah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i, sebenernya begadangku juga nggak direncanain nih. Tapi, ya gitulah...

      Hapus
  5. Serem nih. Tapi gimana dong, acara tv malam malam seru semua. Apalagi harga internetan malam malam asoooy. Ngerjain tugas malam malam juga seru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bang. Itu yang menggoda dan bikin pengen begadang.

      Hapus
  6. Gue juga nocturnal tuh...tapi emang efeknya ngehe banget. Siang-siang kantong mata gue udah segede kantong ajaib Doraemon. Kalo lo bang, begadangnya elo emang ga ada artinya...kan ga ada gebetan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajir lu bang. Iya sih bener, nggak ada artinya soalnya nggak punya gebetan.

      Aku doain kantung mata lu segede kantung kanguru bang!

      Hapus
  7. Move on dari begadang emang susah mblo.
    Gue juga jadi serem punya otak yang tiap begadang makin kecil, kebayang kepala yang besarnya standar tapi punya otak yang kecil. Lu goyang-goyang pasti bunyi co, kaya goyangin celengan yang isinya cuma lima ratus perak, satu lagi. -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mblo, susah kalo udah ketergantungan gini. Nah, serem kan mblo? Apalagi kalo pas digoyang-goyang tiba-tiba keluar dari kuping -__- Kan anjay.

      Hapus
    2. begadang ya, kalau aja lu punya pasangan, pasti ada yang nyuruh tidur, dan pasti juga lu gabak begadang mblo, eh co :v

      Hapus
    3. Kayak lu engak aja er, eh mblo. Lu kan juga sering begadang gara-gara nggak ada yang nyuruh tidur. Iya kan? Ngaku aja er :v

      Hapus
    4. masih aja lu gamau kalah -_-

      Hapus
  8. Untung gak suka begadang tepatnya gakuat melek malem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus. Jangan sampe terkena penyakit begadang yang tiada artinya.

      Hapus
  9. Hahahahh, saya biasanya bgadamg gara2 tgas.di arsitektur co. Nah ini, libur kok bgadang hahah.

    Tpi emng bner sih mlam itu susasanya sunyi. Pling enak klo mau fokus, apalagi dtmenin kopi hangat, husss, mntap.

    Klo mau tdur cpet biasanya sya baca buku co, smbil sndaran. Nnti lama2 bkal tdur kok.

    klo ttap g bisa, mnum baygom aja. Sya bsa jamin. Djamin tdur slamanya. Huehehehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i bang, ngopi pas begadan itu nikmat banget. Iya bang, aku juga kadang baca buku biar ngantuk. Untungnya itu ampuh, kalo nggak mungkin bakal nyoba cara minum baygon.

      Hapus
  10. Taheek, cupu amat langsung bunuh diri. Janganlah, emang salah jalan ama mantan? :(
    Ah, gue aja sampe sakit nih kebanyakan begadang. Sedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada salahnya, masalanya jalannya sama mantan yang udah meninggal bang :'(

      Hapus
  11. makanya jangan sering begadang soalnya gak baik untuk kesehatan

    BalasHapus
  12. Kalau ane sih.. Tidurnya selalu pas bang.. Pas mau shubuh misalnya.. Pas mau ujian.. Yaa.. Pokokny pas terus deh.. Nggak pernah kurang.. Hahahaa.. Jangan terlalu percaya on seprot, bang.. Ane kmren sih nonton juga.. Tiap infony mereka kasih kata "mungkin" jadi belum tentu juga.. hahaha.. Stay begadang, stay unyu.. Kalimat terakhir ane gk tau ngomong apaan :v Salam Absurbers~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja begadang itu -__- Eh, ternyata nonton juga. Tapi dampa buruknya emang ada sih.

      Dasar absurb lu :v

      Hapus
  13. Pon, ini sebenarnya bukan menakut-nakutin. Gue kemaren sempet 1 minggu ngedrop gak bisa apa-apa gegegara hampir 1 semester gak pernah gk begandang. Lebih lagi ditambah sama KOPI. DUh... "Takut mati muda gue, pon."

    Saran gue, sebaiknya kurangin tidur siang. Tapi, kalo begadang emang ada manfaatnya kek gue. Nyari duit. Mungkin lo bisa aja lebih jaga kesehatan. Kek minum Vitamin, terus kurangi Kopi pas begadang. Apalagi kelaperan begadang itu paling bahaya.

    Intinya, begadangnya gak masalah, cuman orangnya aja yg bisa bermasalah karena kebanyakan begadang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kata pangeran, kalau emang ada perlunya ya g apa2. Cuman ceritamu td lebih karena g ngapa2in disaat liburan. Seperti kata pangeran (lagi) coba g tidur siang. Kerasa kok nanti ngantuk banget pas malemnya

      Hapus
    2. Lah, serem amat bang kalo gitu. Tak kurang-kurangin deh begadangnya. Ini masih tak coba terlepas dari begadang yang tiada artinya.

      Gara-gara nggak ada kerjaan jadi aku sering tidur siang. Oke deh, saran buat nggak tidur siangnya tak terapin.

      Hapus
  14. ngohahahahah anjaay, abang juga ternyata suka begadang.. ane juga sejak kelas 2 SMA hobinya begadang, yah paling buat nonton bola, ngedudud film, anime, atau game terapdet. yah maklum lah korban paket kuota midnight :3 tapi anehnya kalau pagi agak jarang juga ngatuknya..

    ane juga pernah baca, kalau orang yang sering begadang itu pertumbuhannya bakalan keganggu. Dan jeng jeng... dikala remaja seusia ane udah pada dapet tinggi 165 keatas ane masih aja 160 cm. tpi nggak tau juga sih mungkin emang gen ane dari sananya emang pendek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah, gara-gara kuota midnight. Sama sih alesan begadangnya juga gitu. Yang paling enak pas malem sih, kecepatan internet nambah. Jadinya donlot JAV nya cepet. Ehh.

      Entahlah itu bener apa enggak. Soalnya katanya pas malem itu waktunya tubuh kita berkembang.

      Hapus
  15. Coba kurangin waktu tidur siangnya dan kalau mau tidur di malam hari cuci muka dulu, pasti bakal tidur awal. moga berhasil ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tak coba dulu. Makasi tipsnya :D

      Hapus
  16. Waduh bikin otak mengecil.? Beneran tuh bang.
    O ya. Klo gue sering begadang efek pake kuota malam bang. Biasalah ngirit..hhehe

    Film anime mah emang gitu bang, bikin nanggung mulu. Hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota malem emang menggoda banget, lebih murah. Terkutuklah yang nyediain kuota malem.

      Hapus
  17. Latihan dong buat tidur teratur, tidurnya agak awal deh kalau belum bisa tidur awal. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Gara-gara pas siangnya tidur nih, jadinya gini :D

      Hapus
    2. haha.. sabar sabar.. latihan dikit-dikit, pelan-pelan.

      Hapus
  18. Aduh, ini aku ketawa-ketawa terus baca postingannya, wkwk.
    Yakali otak jadi sekecil otak ayam.
    Trus lupa udah jadi mantan.
    Haha :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serem kan mbak kalo beneran mengecil sekecil otak ayam. Bisa-bisa keluar dari kuping.

      Hapus
  19. Dulu waktu jaman ngd-skripsi (berasa jauh amat ya) aku juga gini. Tapi ketika udah kerja dan dipaksa untuk bangun super pagi, jadi kebiasaan itu hilang. Sekarang malah doyannya tidur lebih awal dan bangun tengah malam, entah buat nulis, blogwalking atau apalah yang bisa dikerjain. Tapi emang asik sih suasana malam itu ya. Bisa lebih konsen aja, apalagi karena sepi, adem pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kak cha ketahuan udah tuanya :p

      Iya kak. Pas malem itu lebih enak buat nulis sama baca-baca gitu.

      Hapus
  20. Liburan sama kuliah ga beda jauh sih kalo soal begadang. bedanya begadang pas kuliah penuh deadline. Tapi begadang pas liburan juga gak enak sih, membusuk dan berjamur didepan laptop ato tivi.
    Untuk lupa kalo udah putus kan enak tuh. Sapa tau ceweknya suka begadang juga, otaknya mengecil, dan pelupa. Dia lupa deh kalo kalian udah putus. Yeay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, sayangnya tuh cewek nggak suka begadang. Ntar deh tak suruh begadang. Biar dia jadi pelupa, kita balikan, hidup bahagia, dan aku ambil hartanya. Duh kok jadi kayak sinetron.

      Hapus
  21. masalah semua anak kos kayaknya..
    gw aja yg tinggal dirumah suka begadang jg..klo cowok begadangnya nonton anime. klo cewek begadangnya nonton drama korea.. hahahaha..

    minum obat tidur di apotik banyak. dari pada otak lu mengecil bahaya loh. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew, kayaknya bahaya kak kalo minum obat tidur.

      Hapus
  22. bener loh itu pon yang kalau orang sering begadang otaknya jadi mengecil. proven.. salah satu yang bikin otak jadi nyusut adalah jarang ngomong..
    .
    .
    ya kuraang2in begadang lah pon haha

    BalasHapus
  23. Kita berbeda banget, Di. Gua malah pengin banget begadang tiap malem tapi selalu ketiduran, kalo gitu tukeran kebiasaan aja deh kita. Wkwkwkw.

    BalasHapus
  24. Dulu gue sering begadang juga pas masi kuliah,
    Tapi sekarang karna kerja pagi
    Udah nga begadang lagi,,

    BalasHapus
  25. Ahahaa yawloh jangan sampe kejadian kayak gitu mas, tiba-tiba ngechat mantan hahaa

    Aku jarang begadang belakangan ini, dulu waktu msih sekolah hampir tiap hari. wkwkw

    BalasHapus
  26. Kenalin co,nama tengah gue begadang.jadinya erick 'begadang' paramata. Hahaha gue udah temenan sama begadang sejak jadi mahasiswa,bikin ngerusak waktu hiduo sih, tapi mau gimana lagi, gue lebih produktif pas tengah malam kayaknya dari pada pagi atau siang hari yang bawaannya apa-apa males.haha

    BalasHapus
  27. Mungkin maksud lo itu 'Persentase' kali ya Co, bukan presentase.

    Gue pernah baca, begadang buat otak kita lebih tua dari umur kita sebenarnya. Jadi kalo umur sekarang masih 20, bisa aja otaknya jadi umur 28. Semakin lemah kinerja otaknya karena begadang.

    Baiklah, berusahalah untk hidup tanpa begadang :D

    BalasHapus
  28. mending kurang2i saja begadangnya gan.. kalo saya si begadang kalo besoknya libur

    BalasHapus