Tentang Koleksi dan Beberapa Curhatan Lainnya

Kamis, Januari 07, 2016

Kemarin pas di Pekalongan sempet ngecek dan bersih-bersih koleksi komik dan novel. Alesannya karena pas pulang banyak komik yang berjatuhan di bawah lemari penyimpanannya. Dan aku curiga kalo ada komik yang hilang. Alesan lain sih mau ngecek volume terakhir yang aku beli, soalnya udah ketinggalan banyak banget. Ya, gara-gara kemarin liburan sekolah, jadi nggak punya uang jajan, dan nggak punya pemasukan buat beli komik. 

assudahlah.blogspot.co.id

Pas SMA aku lebih fokus ngoleksi komik daripada novel. Alesannya karena di Pekalongan ada toko komik baru yang lengkap, ECC (Elex Comic Center) namanya. Sayang banget sekarang udah tutup. Jadi pas SMA harus nyisahin uang buat beli komik. Dulu sempet sih pengen beli setiap komik yang aku pengen. Tapi pas ngitung-ngitung duit yang dihasilin setiap minggu, jadi mengurungkan niat. Jadi harus pilih-pilih mana komik yang harus dibeli. Untungnya di Pekalongan ada rental komik. Jadinya bisa baca judul yang aku pengen tapi nggak kebeli.

Jadi pas udah kuliah ini niatnya aku mau koleksi komik lagi. Soalnya udah punya uang lagi, hahahaha. Walau terpaksa motong uang bulanan buat beli buku sih. Dan kemarin aku itung-itung volume komik-komik yang ketinggalan lumayan banyak. Dan kalo diitung habis berapa duit buat nutupin kekurangannya sekitar 1 juta lah. Duh adek pengen jual ginjal bang :'(

Dan ternyata dugaanku benar. Kemarin juga ada 1 komik yang hilang. Sedih banget ya, karena yang hilang itu volume 1. Dan kemungkinan udah langka. Dan yang paling sedih, yang hilang komik 'Ultimate Teacher' karya Azuma-Sensei, komikus favorit aku. Duh, adek makin sedih bang :'(

Tapi ada masalah lain. Jadi, pas masuk kuliah ini aku nggak hanya fokus ke ngoleksi komik aja, juga fokus ke novel. Alesannya karena pas tinggal di Semarang banyak toko buku yang bukunya lebih lengkap, nggak kayak di Pekalongan. Jadinya aku ngoleksi novel juga. Jadi harus pinter-pinter bagi duit bulanan. Tapi itu susah banget. Udah ada duit yang aku sisihin khusus buat buku sih. Tapi....

Kadang kejadiannya malah gini:

Dari rumah nyatet buku-buku atau komik-komik apa aja yang mau dibeli di toko buku nanti. Dan pas sampe di toko buku...

"Ah, yang ini kayaknya bagus. Beli ah...."

"Beli yang ini juga ah..."

Dan pas pulang ke rumah...

"Anjir..... Kok aku beli bukunya ngelebihi uang khusus buat beli buku?"

Akhirnya pas akhir bulan pun makan nasi lauk plastik Gramedia. 

Problematika orang-orang yang suka buku sepertinya emang kayak gitu ya. Jadi ngelihat kondisi keuangan, tahun ini nargetin baca 50 buku (tentu saja ples minjem dari temen) dan nutupin volume-volume komik yang udah ketinggalan jauh.

Curhatan lain tentang masalah blog. Akhir-akhir ini semangatku buat ngeblog muncul lagi nih. Soalnya miris lihat draft yang banyak banget tapi nggak ditulis-tulis. Kebanyakan sih flashback pas jaman-jaman dulu. Masalah utamanya sekarang bukan ide lagi. Tapi waktu. Kadang pas mau ngolah ide itu tiba-tiba temen dateng ke kos, ngajakin main, dan akhirnya nggak jadi nulis. Sering sih. Jadi banyak banget postingan yang ketunda.

Blog RANDOM yang aku buat juga udah mulai jalan lagi setelah kemarin sempet tak vakumin. Alesannya karena males, wkwkwk alesan klasik banget ya. Soalnya ngurus blog yang satunya itu lebih sulit. Nggak kayak blog ini yang nyeritain pengalaman pribadi. Jadi tanpa nyari ide pun bahan tulisan udah ada. Nggak kayak blog yang satunya yang harus nguras pikiran buat nyari ide.

Tapi nggak papa, itu tantangan. Untuk targetnya sih blog RANDOM posting minimal 5 post per bulannya. Sambil benerin tata letak widget-widget-nya. Soalnya masih kacau sih, hehe. Oh iya, di RANDOM juga aku bikin karakter fiksi, namanya Om Andom. Jadi jangan kaget kalo yang ngepost di sana pake akun Om Andom. Dan kata ganti 'aku' diganti pake 'Om'. Jadi, biasain manggil Om ya di sana. Ehe.

Itu aja sih curhatan kali ini. Ada yang pengen ngasih rekomendasi novel yang bagus? Kalo ada sini, tulis di kolom komentar. Nanti tak jadiin wishlist.

You Might Also Like

69 komentar

  1. Wuih asik nih kolektor komik, gue juga suka ngumpulin komiknya doraemon .. lengkap kayaknya, dari doraemon + doraemon dan 7 dora.. yang doraemon main baseball yang nggak gue kumpulin, soalnya kurang suka ..

    Hmmm dipinjem temen kali nco komik lo yang ilang .. inget2 lagi deh ..

    And semangat buat nge-blognya .. ululululu~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku nggak ngoleksi Doraemon.

      Nggak nih, paling diambil ponakan, taruh di luar, dan akhirnya ilang. Sedih :')

      Yo'i... Lu juga nih, yang baru comeback harus semangat.

      Hapus
  2. Baru tau saya kalau ada toko komik punya Elex. Keren juga tuh. Bisa nyari komik lawas.

    Saya rekomen buku Tetanus aja deh, Pon. Kemaren saya udah baca Dorayaki. Ceritanya agak mirip. Tapi lebih ngefeel Tetanus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WIH, sedap tuh, Tetanus, meski belum pernah baca, tapi, saya juga rekomen deh, sambil itung-itung mau ikut beli~

      Hapus
    2. Iya bang, ada tuh. Lengkap malah kalo ECC.

      Wih, aku juga lagi nyari Tetanus bang. Tapi kok kemarin tak cari nggak ada ya. Semoga ntar pas ke Gramed lagi udah ada.

      Hapus
  3. Waaah lumayan banyak tuh koleksi komiknya. Beneran nih beli? Ga minjem mantan kaaaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minjem hatinya aja nggak boleh, apalagi minjem komik :')

      Hapus
  4. mantap bang..
    gue baru mulai ngoleksi nih bang.. mantapppp!!! #semangat45 hhehe

    BalasHapus
  5. minjem dong <~~~ kgk modal
    ada komik apa aja?

    BalasHapus
  6. kalau nggak bisa beli buku, mending baca buku di perpustakaan. Meski nggak enak, soalnya "rasanya" beda antara buku minjem sama buku punya sendiri. Tapi, keuntungannya bisa banyak baca buku setiap hari. Apalagi kalau nemu buku "spesial" bisa membuat ketagihan membaca.

    rekomendasi bukunya Tere Liye judulnya "Hujan", sebetulnya aku belum pernah baca satupun bukunya Tere Liye, cuma kayaknya dia penulis yang hebat. Itu novelnya juga belum di rilis, katanya tanggal 28 Januari 2016 rilisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rasanya kalo minjem itu beda banget. Tapi nggak papa lah, pertama bisa minjem dulu, kalo bagus ntar beli.

      Banyak yang suka sih. Temenku juga ada yang nyaranin suruh baca bukunya Tere Liye. Mungkin ntar aku bakal beli.

      Hapus
  7. etdah..buset..banyak bener komiknya. bagi satu dong? haha..
    bener banget kalau orang yang suka buku biasanya belanja buku malah ngelebihi target. *aku kadang juga suka gitu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini aja mbak, tak pinjemi :p

      Nah, itu masalahnya. Ntar akhir bulan jadi kelabakan :')

      Hapus
  8. aku perna punya komik juga mblo, eh co, tapi gak sebanyak kayak punyamu. Waktu itu aku punya Shinchan.

    Itu yang seringa ngajak main dateng ke kosan dan ngegagalin kamu ngepost, si ipin, ya ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak kira pernah punya pacar er, eh mblo.

      Iya er, bener, si Ipin ini. Hahahahaha.

      Hapus
  9. banyak banget koleksi komikmu.. aku stu pun gak punya komik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa, mungkin nggak suka, jadi wajar nggak punya.

      Hapus
  10. Sampai sekarang masih belum dapet sensasi baca komik. Paling banyak itu attack on titan sebanyak 40 volume komik inggrisnya wkwkwk.

    BalasHapus
  11. Koleksi komiknya banyak juga...

    Btw, cari novel di pekalongan sekarang susah. Karena cuma ada satu toko buku aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dikit sebenernya, hehe.

      Yang masih ada cuma Salemba ya mbak? Sedih banget :(

      Hapus
  12. banyak banget koleksi komiknya :)

    BalasHapus
  13. banyak juga koleksi manga'a
    yang keliatan manga Mirai Nikki, Attack on Titan, High School of The Dead, Reborn, Beelzebub, Samurai X yang lainnya gak keliatan :D

    BalasHapus
  14. sya dlu semasa kecil suka baca komik jg. tp gk prnh koleksi, bacanya cm hasil pinjam meminjam sm kawan2...hahhahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau pinjem komik temen, tapi temen nggak ngoleksi komik. Ehehe.

      Hapus
  15. Waaa samaan ini, pengeluaran buat beli buku lebih gede daripada yang udah direncanain.
    Akhir bulan baru deh kerasa -___-

    BalasHapus
  16. Eh gue juga suka begitu, yang mau dibeli apa jadi tertarik sama yang lain. Tapi gue gak pernah sih ngeborong buku atau komik gitu. Hehehehe. Soalnya...budgetnya gak cukup :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kita punya problem yang sama. Jangan-jangan kita.... *jeng* *jeng*

      Hapus
  17. Wiiihh ska koleksi komik juga. Gue jarang sih punya komik. Seumur-umur beli beli komik paling ya kalo ngga doraemon, naruto, one piece. Udah itu doang :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Pengen ngoleksi OP, tapi udah ketinggalan jaug :(

      Hapus
  18. Makin kesini tulisan di blog kamu makin oke aja cong, penyampaiannya juga enak walaupun gak dimakan #apaansihmir

    Oh iya kebetulan mir suka banget baca, klo novel sih mir rekomendasikan karya-karya Tere Liye (penulis fav nih :D). Coba baca Rembulan Tenggelam Di Wajahmu dulu sebagai permulaan. Dijamin keren☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mir juga makin sering main kesini. Jadi seneng deh >_<

      Oke mir. Nanti tak coba cari di toko buku. Ntar kalo udah baca tak post :D

      Hapus
  19. koleksinya itulohh,,, bagi bagi napa co..
    buku aja dijagain.. nih apalagi pacar. sip deh pokonya.. ngenten poo n (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini rim, ntar baca bareng. Cieeeeee modus.

      Yo'i, buku aja tak jagain, apalagi kalo punya pacar. ((KALO PUNYA))

      Hapus
  20. Keren banget. Kolektor komik. Gue juga pengen gitu, tapi dompet gue yang gak pengen. Nanti lah tunggu pembalasan saat gue punya penghasilan sendiri, gue bakalan jadi kolektor juga

    BalasHapus
  21. banyak sekali koleksi komiknya

    BalasHapus
  22. Komik aja gonta ganti, gak puas, dan dikoleksi.. Apalagi sama wanita? *eeaakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh sedih, andai saja bisa ganti-ganti wanita kayak ganti-ganti komik :(

      Hapus
  23. Gue juga dulu ngoleksi buku buku, tapi sekarang udah jarang, saatnya ngoleksi cewek hahaha

    BalasHapus
  24. Wah senang ketemu kawan yang bookaholict...
    mesti pengalamannya 11 12...,
    Biasanya kselalu khilaf jika udah masuk gudang buku, dan akhirnya tujuan buku yang beli nyaris menangis karena dengan cepatnya kita berpaling hati melihat buku yang memanjakan mata...

    kalau ak k semarang mau pinjam komiknya Ponco aah :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener tuh mbak. Pas masuk ke tokbuk biasanya kita dibutakan sama nafsu membeli.

      Sini mbak, ntar baca bareng :D

      Hapus
  25. Novel Hanif co, bagus tuh sama Seperti Dendam RIndu Harus Dibayar Tuntas, bagus juga tuh...

    BalasHapus
  26. wah top nih kiah hidupnya mirip - miriplah sama saya huahahaha. jaman SD sampe SMA kelas 2 koleksi komik bejibun sampe satu lemari. ngedapetinnya lebih susah lagi, karena nggak pake uang tapi pake prestasi (rangking 1 di kelas 10 komik). Tapi sekarang semenjak kuliah sampe mau lulus inii fokus ke novel, puisi -puisi dll. komik tetep tapi via online haha
    saya rasa, umur mengubah segalanya, termasuk selera yang terus berkembang hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih. Umur mengubah selera banget. Mungkin pas tua ntar aku sukanya beli TTS yang sampulnya cewek-cewek seksi.

      Hapus
  27. Gilaa koleksinya banyak amat. Aku gak pernah punya komik sampe segitu. Biasanya aku kalo baca komik lebih sering online.
    Eh ternyata lu punya blog lbih dari satu ya. Ada kemungkinan ntar istrimu juga lebih dari satu.. haha

    BalasHapus
  28. Wihiii sama nih gue dulu juga suka ngoleksi komik. Sekarang udah ga pernah. Huhuhuhuh. Novel coba deh Mitch Albom.

    BalasHapus
  29. heh ini serius orang Pekalongan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bercanda kok.

      Eh, serius deng. Ehehe. Iya aku orang Pekalongan.

      Hapus
    2. Toss dulu dong sama-sama PekaLONGAN.

      Hapus
    3. e ganyantai kepencet capslock.

      Hapus
    4. WIHHHH PEKALONGAN JUGA, TOSSSSSSSS. *nggak nyantai banget*

      Ternyata Pekalongan ada juga blogger yang aktif. Wkwkwkwkwk.

      Hapus
    5. Ngahaha
      Alhamdulillah. Pekalongannya mana?

      Hapus
    6. Wonokerto, tau nggak? Kalo nggak tau Wonokerto itu deket Wiradesa. Tau kan? Tau aja ya.

      Hapus
    7. taulah. Aku tirto. gajauh lah.

      Hapus
    8. Wahaha, iya, nggak jauh tuh. Tirtonya mana emang?

      Hapus
  30. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus