Mas, Udah Tua Ya?

Jumat, Januari 22, 2016

Beberapa hari yang lalu umurku nambah, sekarang udah 19 tahun. Menurutku 19 tahun masih tergolong muda banget. Tapi masalahnya kata temen-temenku mukaku nggak pantes umur 19 tahun. Sedih banget ya dibilang gitu. Semuanya dimulai ketika temen-temen sekelas mulai tanya-tanya tentang umur.

"Zi, umurmu berapa?" tanya salah satu temen, sebut aja namanya Toa. Karena suaranya kayak Toa masjid.

"24 tahun." jawab Fizi.

"Ah masa? Kok nggak kelihatan tua gitu. Bohong ya? 18 paling."

"Beneran kok, dia itu udah tua sebenernya. Dasar tua! Hahahahaha." timpalku.

"Lha kamu co?" tanya Toa ke aku.

"18 tahun." jawabku. 

"Ah masa? Nggak pantes 18, bohong nih pasti? Wajahmu udah kayak 25 tahunan."

Degg... aku cuma diam. Dan mikir. Apa wajahku emang setua itu ya? Fizi yang 24 lebih kelihatan muda daripada aku. Mungkin wajahku emang boros. Cepet tua.

Awalnya aku cuma mikir Toa paling bercanda. Tapi setelah mengalami beberapa hal yang menyakitkan, akhirnya aku sedikit percaya. Pernah pas aku lagi jalan, tiba-tiba ada cewek yang nunduk dan bilang 'permisi kak'. Padahal kita satu angkatan. Nggak cuma sekali, beberapa kali. Nyesek banget rasanya. Mungkin ini efek janggut dan kumis yang aku tumbuhin ya. Jadi nambah kelihatan tua.

Temenku juga bilang gitu kemarin. Katanya aku udah kayak umur 25 tahunan. Sekali lagi nyesek banget. Karena banyak yang bilang, akhirnya aku percaya kalo wajahku lebih tua daripada umurku. Emang ya, kadang wajah itu nggak bisa dilihar dari umurnya. Dia nunjukin fotoku pas masih SMP dan bandingin sama yang sekarang. Beda jauh. Jauh banget.

Ini jaman SMP kelas 2. Ngenes banget ekspresinya -_-

Pas lihat foto itu aku seketika flashback. Dulu aku dibilang udah gede, tapi sebenernya masih kecil. Nah sekarang masih belum terlalu tua, malah dibilang udah pantes tua. Pas masih SMP juga banyak tetangga-tetangga yang sering bilang sesuatu pas ketemu.

"Wah Ponco, lama nggak kelihatan. Sekarang udah gede ya. Kelas berapa co?" tanya tetanggaku.

"Eh iya buk. Kelas 3 SMP buk."

"Masa iya? Tak kira masih SD lho kamu."

"......"

Ini ngajak gelut ya. Katanya tadi udah gede, malah dikira masih SD. Emang ya, umur itu nggak bisa ditebak dari wajah.

Sekarang, walaupun umurku 19 tahun, tapi temen-temenku nggak nganggep umurku 19 tahun. Mereka lebih percaya kalo aku sekarang udah berumur 25 tahun. Ini sakit banget ya, mereka enggak percaya identitas asliku. Nyesek.

You Might Also Like

58 komentar

  1. itu keliatan 52 tahun kali bukan 25
    hahaha

    BalasHapus
  2. Gapapah muka tua asal jiwa muda, gitudong.

    BalasHapus
  3. Hehehheh gapapa dek. Kamu gak sendirian kok. Banyak orang di luar sana yang lebih ngenes dari kamu. Mas aja ambil sebagai contohnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah mas. Aku bersyukur banget ada yang ngaku lebih ngenes. Jadi aku masih bisa bersyukur, ada yang lebih ngenes banget :')

      Hapus
  4. Sama ih, terkadang suka dianggap lebih tua dari umur aslinya haha. Senasib, tos!

    BalasHapus
  5. gue lebih muda dari elo kakek.. hehehe

    gue masih 22 tahun, ini real nyata no tipu2.
    Barang oke gan, free ingkir. *kayak lagi online shop aja. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini tak beli umurnya gan. COD sebelah mana? *halah*

      Hapus
  6. Mungkin wajah lo ketuker sama Fizi co ..
    E iya lo, ternyata masih 19 toh.. gue kira udah abang2 .. ya minimal 20 keatas lah .. mwehehehe ..

    Btw selamat bertambah umur co .. Doanya isi sendiri deh .. ntar tak aminin ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir. Apa lu nggak bisa lihat keunyuanku ini ka?

      Sip ka. Do'anya banyak. Kalo ditulis bisa jadi postingan baru ntar.

      Hapus
  7. NJIR ITU DI FOTO LUCU ANED UWUWUW SINI SINI.. Lah kamu suka manggil aku kakak padahal kita seumuran :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masih kecil. Sekarang beda banget :')

      Masa iya kita seumuran kak Dev? Tak kira Kak Dev udah gede banget loh. *njir gede banget* *ambigu*

      Hapus
  8. hahaa.. bisa gitu co.
    gak papa juga untung gak di tanya anaknya berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, kalo itu udah dikira bapak-bapak mad. Masih untung berarti ya mad, cuma dikira 26.

      Hapus
  9. Aku turut sedih co.. hahaha
    Kayanya aku masuk yang wajah muda Co, soalnya suka dikira masih anak SMA, padahal udah semester 5.. hahahay

    BalasHapus
  10. Huahahaha. Itu emak-emak mah ngiranya muda berarti! Berterima kasih sama dia, soalnya cuma dia yang ngira lo mudaan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Terimaksih banget sama emak-emak :')

      Hapus
  11. bener co, kadang janggut sama kumis bisa bikin orang ngira kita lebih tua dari umur aslinya.
    cukur mangkanya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget er. Sengaja tak tumbuhin biar kelihatan jantan. Hahahahahaha.

      Hapus
  12. Sabar ya, mkanya minum mastin, good...

    BalasHapus
  13. pas kelas 2 smp keliatan unyu... gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pake topeng pas smp aja ya, biar unyu terus :))

      Hapus
  14. duh dedek dedek gemes muka tua. #eh maap keceplosan.
    aku malah punya temen cowok, dia umur 19 taunan kalo nggak salah malah ngambek kalo dipanggil dek, dan dia nggak mau manggil aku mbak. songong kan ya?
    katanya "walaupun umurnya masih kecil tapi bisa kok mimpin kamu kalo kita rumah tangga nanti".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, songong baget. Apalagi kata-kata dia itu lho. "Walaupun umurnya masih kecil tapi bisa kok mimpin kamu kalo kita rumah tangga nanti". Anjay banget.

      Hapus
  15. Ngomongin soal umur, kok tiba-tiba gue jadi baper T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini nih, pasti mukanya juga boros.

      Hapus
  16. Balasan
    1. Makasih, keprihatinanmu sangat berharga :')

      Hapus
  17. Gpp, umur itu cuma berarti usia, terima saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, usia itu cuma berarti umur. Okey.

      Hapus
  18. ha, ha kadang wajah suka menipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang. Makanya ati-ati sama cewek yang wajahnya cantik tapi pake make up. Jangan-jangan pas dihapus make upnya dia nggak punya wajah.

      Hapus
  19. Sedih banget, dengan umur masih muda terus dibilang TUA. Sabar aja, Pon~

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. *pukpukpuk* udah jangan sedih. Mungkin ini sudah Takdir tuhan. Diluar sana ada yang lebih sedih kok. Jadi tenang aja. Nggak cuma kamu aja yang sedih.

      NJIR, KENAPA MALAH AKU YANG NGASIH MOTIVASI -__-

      Hapus
  21. trut prihatin karena dibilang sudah tua...tp yg penting jiwa muda harus ttp ada...

    oya...itu kumis dan jenggotnya harap dicukur semoga aja si toa bakal bilang "kamu nampak lebih muda dua jam"...

    BalasHapus
  22. hmm, problematikanya dapet banget ketika yang umur 18 tahun kelihatan kalah muda sam ayang 24 tahun -__- tapi pandang secara positif bro, berarti lu memang udah kelihatan dewasa di usia lo yang masih 18. buktinya.. baru 18 aja udah dibilang cocoknya 25..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, sayangnya cuma kelihatan aja Jeff :')

      Hapus
  23. Kalo aku seringnya dianggap anak SD/SMP. Soalnya badanku kecil. Sebel sih. Awalnya vak masalah, lama-lama jengah juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu males banget sama temen-temen yang cengin aku anak SD. Eh sekarang dibilang tua juga nyesek. Maunya apa? Wkwkwkwkwk.

      Hapus
  24. Baru dibilang gitu udah cemen. Lah gue, setiap masuk ke kafe, dipanggil Pak. Sedangkan temen2 gue dipanggil Bg. *ny3sek pon.*

    Tapi, pangeran kek gini ada faktornya. Sering bedagang, suka mikir berlebihan, dan dulu jarang senyum. Skrg aja suka senyum2. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu optimis sih bang, akan ada orang yang kelihatan lebih tua dari aku. Dan ternyata lu bang. Wkwkwkwkwk.

      Hapus
  25. gpp lah... itu namanya BERMUTU. alias bermuka tua. hahaha. peace..

    bermutu kan bagus jg utk menjaga wibawa..

    BalasHapus
  26. Wkwkwkwkwkk ... yang penting menkaga wibawa Co.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, gimana ya, kalo mau ngomongin wibawa..... assudahlah.

      Hapus
  27. sama selalu dibilang lebih tua dari umur .. karena badan yang bongsor jadinya kaya lebih tua . jadi mesti badannya kecil mungil gitu biar di bilang muda ? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kalo bongsor sih emang pasti dianggap tua mbak.

      Hapus
  28. Gue tadinya mau manggil lo om Co hahahahahaha
    gue juga kaget sih ternyata lo masih muda belia.

    gue saranin sih kurangin mainan sabun co untuk mengurangi penuaan dini hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, Om :')

      Baru tau aku bang, mainan sabun bisa nyepetin penuaan di wajah. Fix, kurang-kurangin mainan sabun.

      Hapus