(Sok) Review : Doriyaki - Andori Andriani

Minggu, November 15, 2015

Beberapa minggu yang lalu aku datang ke toko buku. Hampir setengah jam aku hanya mondar mandir dari rak satu ke rak yang lainnya, dan dengan harapan menemukan jodoh juga di toko buku. 

Bingung mau beli apa, karena banyak sekali buku yang masuk wishlist tapi belum kebeli. Tapi apa daya, duit cuma pas buat beli satu buku. Akhirnya setelah menimbang-nimbang buku apa yang mau dibeli, jatuhlah pada buku Doriyaki. Dan sekarang aku mau bahas sedikit bukunya, silahkan baca dan jangan berharap banyak~

Judul : Doriyaki
Penulis : Andori Andriani
Penerbit : Bukune
Editor : Ry Azzura
Penyelaras akhir : Irsyad Zulfahmi
Desain cover : Arie Je
Penata letak : Erina Puspitasari
Penyelaras tata letak : Putra Julianto
Ilustrasi : Arie Je
Tebal : 144 halaman
Terbit : Juli 2015 (Cetakan Pertama)
Rate : 4 dari 5


Doriyaki adalah buku karya Kak Dori yang pertama. Siapa sih Kak Dori itu? Kalian nggak tau? Yang main ask.fm kayaknya tau nih. Ya, Kak Dori, bisa dibilang dia itu adalah artis ask.fm. Nggak tau juga sih gimana awalnya dia jadi artis ask.fm, karena aku juga jarang mainan ask.fm. Aku tau Kak Dori dari temenku yang suka Jejepangan, dia ngasih tau ask.fm nya Kak Dori, dan pas aku stalker.... Anjaaayy, lucu juga.

Kalau dilihat-lihat dari luar, buku Doriyaki itu sangat menarik, lihat aja sampulnya menarik gitu. Nggak tau itu warna hijau atau biru, mungkin itu warna biru yang mulai kehilangan jati dirinya. Terus ada gambar cewek, itu adalah ilustrasi wajah Kak Dori, dan ada beberapa makanan. Ya, Kak Dori emang suka makan, apalagi sama nasi Padang, behhh... bisa habis satu warung dia.

Nggak hanya luarnya aja yang bagus, dalemnya apa lagi. Buku Doriyaki ini menceritakan kisah hidupnya Kak Dori, dari dia masih sperma (nggak deng) hingga sekarang udah gedean. Ceritanya adalah impian Kak Dori yang pengen kembali ke Jepang lagi, setelah waktu kecil pernah tinggal di Jepang, tapi harus kembali ke Indonesia karena ada masalah.

Buku Doriyaki menurutku buku yang lengkap kalo soal feel. Karena di dalam buku Doriyaki ini semuanya ada, dari cerita lucu, cerita sedih, cerita cinta, sampai cerita inspiatifnya Kak Dori semuanya ada. Kak Dori berani menumpahkan trauma masa lalunya ke dalam buku Doriyaki ini. Yang tadinya trauma itu hanya dia simpan, sekarang malah menjadi sebuah karya, dan menjadi pembelajaran buat dia dan para pembaca.

Ternyata memang benar, ada 1000 jalan menuju mimpi kita. Kuncinya, jangan pernah putus asa, harus tetap kerja keras karena semua pilihan balik lagi ke diri kita sendiri. Lo mau diam terus terjatuh di bawah sana, atau bangkit dan melakukan suatu hal? (hal. 81)

Bab yang paling aku suka adalah bab yang menceritakan masa kecil Kak Dori. Nggak tau kenapa aku selalu suka kalo baca atau lihat cerita tentang anak kecil. Karena di bab itu menceritakan masa kecil Kak Dori di Jepang, aku jadi ngebayangin anime yang bertemakan kehidupan anak kecil di Jepang. Aku ngebayangin Kak Dori yang unyu banget waktu ngomong bahasa Jepang sama temen-temennya. Duh, pengen banget nyulik Kak Dori yang waktu kecil itu.

Puas baca buku ini, selain ceritanya yang menarik, di dalamnya juga ada ilustrasi-ilustrasi lucu yang ngebuat kita jadi makin tertarik ngebacanya. Di pinggir-pinggirnya juga ada gambar-gambar yang semakin ngebuat buku ini jadi unyu. Tapi ada yang aku sayangkan dari buku ini, nggak ada pembatasnya (yaelah gitu doang). Kata editornya pembatasnya diganti dengan hadiah waktu pre-order.

Buku ini recomended lah bagi orang-orang yang suka baca buku yang ringan-ringan. Karena menurutku buku ini isinya ringan, bisa dibaca siapa aja, kecuali orang yang belum bisa baca. Dan menurutku baca buku ini nggak perlu terlalu mikir, nggak kayak buku 'Detik-detik Ujian Nasional'. Yo'i..... Yuk, beli bukunya~

Nggak ada yang perlu disesali, namanya hidup pasti sepaket. Susah-senang, suka-duka, tawa-tangis, silih berganti. Namun, jangan sampai kita berhenti melangkah karena sesuatu yang menghalangi. Jangan berhenti berjuang. Jangan pernah sekalipun berpikir untuk menyerah. (hal. 109)

You Might Also Like

35 komentar

  1. Agak gak pas aja sama muka Ponco manggil Dori sok sokan pake Kak haha

    Salah satu alasan gue nggak beli buku ini karena harganya yang cukup mahal dan kayaknya gak terlalu lucu.. walopun buku ini laris banget tetep aja gue gak minat.

    Btw, penerbit bukune emang makin niat nyari untung.. harga makin mahal, pembatas buku diilangin.. gak cuma Doriyaki sih, semua buku barunya bukune sekarang gak pake pembatas buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas.... jangan membunuh karakterku :'D Wkwkwkwk

      Iya sih, emang lucunya kurang. Tapi yang ditonjolin di buku ini cerita inspiratifnya dari si penulis. Jadi walaupun kurang lucu aku tetep puas.

      Nah, bukune juga sering ngajak seleb-seleb buat nerbitin buku, kayak Doriyaki ini. Masalahnya kadang bukunya enggak sebagus yang dipikirkan. Tapi ya, kalo seleb udah pasti banyak yang beli. Ya gitulah bisnis.

      Hapus
  2. wew, artis ask fm. wih orang-orang udah bisa jadi artis dimana aja ya

    ckckc si ponco ketahuan loliconnya pengen nyulik anak kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku aja udah jadi artis wc umum di desaku.

      Ee.. ehh, enggak, aku bukan lolicon, cuma pedo. #Njir

      Hapus
  3. Anjir, bang Edotz betul, si Ponco make panggil "kak", jadi berasa geli banget..

    Pengen banget bukunya, tapi, apa daya uang seorang pelajar itu pas-pasan~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, gara-gara mas Edotz nih -_-

      Nabung, aku aja nabung kalo mau beli buku. Kalo nunggu nggak pelajar, keburu ketinggalan banyak buku bagus :)

      Hapus
  4. Keren ya buku Kak Dori bisa terbit di bukune. Artis ask.fm gitu. Sempet baca di play store, gak begitu menarik. Jadi gak mau beli dulu. :D

    BalasHapus
  5. Oke, gue masukin ke dalam wishlist gue. Makasih ponco, reviewnya.

    BalasHapus
  6. ini termasuk buku yg gaul. duku pas masa PO nya ikaih bonus ular tangga versi buku ini lho. gaul banget yak!

    BalasHapus
  7. wah ratenya 4 dari 5, berarti lumayan lah ya

    Btw gak nyantumin harganya? padahal itu penting bangetbagi gue wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rate menurutku, nggak tau menurut bang Zac kalo baca, wkwkwkk

      Harga terlalu nggak bersahabat, jadi nggak aku cantumin :(

      Hapus
  8. aku barru tau Kak dori yaki dari tulisan ini...
    mmm...keren juga ya baca sebagian tentangnya
    kemarin baru dari Gramedia dan jatah bulanan buat beli buku udah di duduki oleh dwi susanto dengan bukunya Kamus istilah sastra :-D..,
    so rekomendasi dari Mas ponco tak simpan dulu ,semoga bisa beli bukunya dikemudian hari ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, semoga kebeli bulan depan, atau bulan depannya lagi, atau bulan depannya lagi..... dst.

      Hapus
  9. quotenya oke yaa ponco
    eh awalnya kirain berhubungan sama kue heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep emang quotenya. Haha, judulnya kayak kue sih ya, gambarnya juga :D

      Hapus
  10. entah kenapa... buku yang di editori oleh ry azzura kece-kece. yang desain covernya arie je pula, baru beberapa minggu yang lalu gue ketemu arie je di acara bukune goes to school. gue pernah liat kok buku ini... yang nulis memang ask.fm celeb gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukune emang punya kru yang uhuy banget, udah desainernya keren, editornya juga keren-keren. Manteplah.

      Hapus
  11. Udah lama gue gak beli buku, Seperti ada prioritas lain selain menabung untuk buku. Jadi ya sekarang bacaan gue itu dari internet.

    Iya sih, buku dari Bukune lumayan mahal, tapi gue tetap pengen bisa nerbitin buku di sana :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending download novel pdf, walaupun ilegal sih. Tapi daripada nggak baca novel, wkwkwkwk *sesat*

      Hapus
  12. Wooh, buku motivasi gitu yak.
    Udah lama juga ya gue nggak baca buku. Bacanya ebook.. (halaaah -_-)
    petikan kata-katanya keren. mulai termotivasi nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa juga dikategorikan buku motivasi. Duh, baca ebook kalo aku cepet pusing, jadi lebih enak beli buku :D

      Hapus
  13. wah, ini novel yang si editor elu-elukan banget pas pertama terbit. ditimeline twitterku isinya retweetan dia tentang buku ini :') dari kutipan yang aku baca, bener ya, bukunya lucu dan inspiratif :') masukin wishlist ah :))

    BalasHapus
  14. Ini termasuk personal literatur bukan sih? Kalo iya, keren yak, apalagi cewek gitu, jarang ada yang buat novel komedi non fiksi.

    BalasHapus
  15. Aku tau kak Dori dari ask.fm. Yoi, dulu anak ask.fm. hahaha.
    Aku suka kisah LDR-nya yang Jepang-Indonesia. Uwuwuw. Keren. :')
    Aku pengin bisa kayak mereka.

    Covernya menarik. Baru tau ilustratornya Kak Je. Wow~

    Bukune nerbitin yang udah punya "nama" aja, ya.. hmm.

    Dari reviewnya kayaknya biasa aja, ya. ._.v Tapi kayaknya bagus juga kisah perjalanan hidupnya. Hehe. Apasih, Riiimmm?! -_-"

    BalasHapus
  16. Bukune emang nerbitin yang udah punya nama. Temen gue naskahnya ampe ditumpuk gitu ampe 13 bulan...soalnya dia ga punya nama. Eh.

    BalasHapus
  17. weh, makasih bang ponco riviewnya, pengen baca nih tapi belum dapet uang jajan :") nunggu thr lebaranlah ya~

    BalasHapus
  18. mau tanya deh, ini non fiksi kan ya bukunya?

    BalasHapus