Bukber Evrywhere

Rabu, Juli 15, 2015

Puasa kurang dua hari lagi. Gimana udah bukber sama gebetan? Kasihan kalau belum. Bulan puasa tahun ini sepertinya aku telah mencatat rekor baru. Yaitu hanya buka puasa di rumah kurang lebih 10 kali. Parah banget ya. Itu karena banyaknya bukber di luar.


Walaupun semua acara bukbernya enggak gede sih. Kadang bukber sama beberapa temen, bukber sama temen sekelas tapi nggak lengkap, sampai bukber sama calon selingkuhan. Bulan puasa tahun ini juga banyak undangan bukber yang datang ke aku. Salah satunya undangan bukber dari temen-temen satu ruangan saat lahiran di rumah sakit. Padahal aku lahirannya di rumah.

Salah satu bukber terbesar di tahun ini adalah buka bersama bareng anak-anak IPS yang baru lulus kemarin. Dan acara bukber anak-anak IPS inilah yang buat aku jarang buka di rumah. Karena aku juga jadi salah satu panitianya. Sebenernya males banget jadi panitia, karena rumah aku jauh kalau mau kumpul bahas acara, yaitu sekitar 25km ke tempat kumpul bahas acara. Tapi karena aku baik hati, dan demi mensukseskan acara, akhirnya aku mau. *kibas poni*

Sialnya aku jadi panitia bagian koordinator kelas, yang artinya bagian yang ngasih kabar-kabar ke anak-anak kelasku. Tidak hanya itu, aku ditugaskan untuk nganterin undangan ke rumah masing-masing anak. Ini kesalahan banget nunjuk aku, karena sebenarnya aku hanya hafal sekitar 7 rumah temen sekelas saja. Tapi karena sudah dimeri amanat, akhirnya aku tetep nyamperin rumah temen sekelasku yang rumahnya jauh-jauh. Paling deket 5km dari rumahku...... dan dia juga ikut nganterin undangan.

----------

Kalau nggak salah buka bersamanya berlangsung tanggal 11 kemarin. Sayangnya enggak semua anak bisa ikut. Karena ada yang sibuk karena mudik, dan juga ada yang lagi sibuk berusaha mudik ke lain hati.
Buka Bersama
Suasana bukber

Sebenarnya panitia sudah ngerancang acara bukber dengan matang. Tapi pas hari bukber mau dilaksanakan, malah banyak kendala. Dari panitia banyak yang keluar, aku yang sebenarnya nge-mc bareng temen akhirnya nge-mc sendiri, dan anak-anak yang mau tampil enggak berangkat. Akhirnya panitia buat rencana lain dan bukber berjalan dengan seadanya.

Salah satu rencana awal yang masih dipakai adalah tukar kado. Ya, kita disuruh membawa kado yang berisi hadiah yang harganya maksimal 5 ribu rupiah. Awalnya pas pembagian kado ini kita juga mau ngadain permainan. Tapi karena panitia yang usul enggak berangkat, akhirnya kita tukar kado tanpa permainan.

Hadiah Buka Bersama
Lagi nyiapin hadiah
Hadiahnya bisa dibilang unik-unik. Dengan batas harga 5 ribu rupiah mereka enggak bingung mencari hadiah apa yang akan diberikan. Ada hadiah yang normal, tidak normal, dan sangat tidak normal. Hadiah yang normal seperti jajan, pita, bandul kunci, dan lainnya. Hadiah yang tidak normal dan sangat tidak normal ada parfum yang tinggal beberapa semprot (punyaku), sandal bekas, satu buah rengginan (jajan tradisional), dan uang THR seribu perak. Masih banyak hadiah aneh lainnya.

Hadiah Buka Bersama
Lumayan dapet odol
Setelah tukar hadiah acara buka bersama selesai. Dan kita semua udah bisa pulang. Hore, kaki aku udah pegel-pegel banget gara-gara berdiri terus.

Tapi sepertinya hari itu aku lagi sial. Saat beberapa km meninggalkan tempat bukber tiba-tiba hujan, akhirnya aku berhenti buat pakai jas hujan. Tapi setelah beberapa km, hujan berhenti, dan akhirnya aku lepas jas hujanku. 

Kesialan belum sampai di situ. 5 km sebelum sampai di rumah hujan kembali turun, dan ini semakin deras. Karena males pakai jas hujan akhirnya aku terjang. Tapi mungkin dewa kesialan sedang memihak ke aku. Arah ke gang rumah aku ditutup karena menjelang lebaran. FYI, aku lewat pantura, jadi jalur untuk belok ditutup. Akhirnya aku nyari jalur yang dibuka, dan itu jauh banget. Dan aku berakhir di rumah dengan basah kuyup. Klimaks yang bener-bener enggak elite.

You Might Also Like

27 komentar

  1. ckckc
    hadiahnya kamfret banget ya
    parfum tinggal beberapa semprot doang

    yang rengginang enak dong masih bisa dimakan bang

    oh ya, liat fotonya rame banget ya
    itu semua alumni dari kelas ips ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya hadiahnya kampret kampret. Tapi yang rengginang itu cuma satu biji, parah.

      Iya, yang baru lulus kemaren.

      Hapus
  2. kaki pegel-pegel obatin pake odol. biar greget. hmm... udah asik nih lebaran. jalanan ibu kota sepi abis.... gaul. kalau gue kayang di jalan raya juga nggak bakal kketabrak. udah ditinggal mudik. asli, enak banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya pepatah tak ada akar rotan pun jadi bakal terjadi disini, nggak ada koyo odol pun jadi.

      Bebas dong jev mau ngapain di jalanan. Coba tiduran sampe orang-orang mudik pada balik jev.

      Hapus
  3. wkwkwk.. seru banget tuh mas.
    apalagi ide tuker kadonya kocak abis.
    btw, ga punya kontal temen temen gitu mas? bias ga kesana kemari membawa alamat jeng jeng.. -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah iya emang seru banget. Punya, tapi emang strateginya harus didatengin ke rumahnya. Biar pada ikut.

      Hapus
  4. wkwkwk.. seru banget tuh mas.
    apalagi ide tuker kadonya kocak abis.
    btw, ga punya kontal temen temen gitu mas? bias ga kesana kemari membawa alamat jeng jeng.. -.-

    BalasHapus
  5. kompak ya. seluruh anak IPS. Solid bener berarti ini angkatannya.
    kalau akusih gak ada. jangankan sama anak IPA kadang sm anak kelas sendiri aja banyak yang lupa dateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jal, lumayan kompak lah. Problem anak jaman sekarang tuh jal, suka nggak kompak.

      Hapus
  6. Wih anak populer nih bukbernya banyak banget, buka dirumah cuma 10 kali. Aku mah apa atuh cuma sekali doang :(

    Keren juga bisa bukber sama calon selingkuhan tapi kurang greget ah, masih greget kalo bukber sama calon mertua.. Itu yang ikut banyak juga ya, kayaknya ratusan orang. Kenapa kok aku tanya-tanya? Barangkali ada jodohku keselip disitu.

    Rambutmu lucu juga ya, jadi pingin kenalan sama yang sebelahnya (?)

    Kalo pulang lewat jalur pantura mesti rame banget dong ya banyak bis sama truk gede gitu. Hati-hati deh kalo lewat jalur gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan anak populer kok. Ini cuma males buka di rumah aja, jadinya ngajakin temen keluar terus.

      Calon mertuanya lagi buka bersama bareng selingkuhan aku riz :(
      Banyak banget riz. Tapi udah aku cek disetiap orang-orang yang dateng ini belum ada jodohmu yang keselip. Ada sih, tapi cuma satu. Namanya Amad.

      Fokus ke akunya aja oi -_-
      Iya riz, udah biasa kok. Tapi harus tetep hati-hati.

      Hapus
    2. Kalo males buka dirumah kenapa gak buka dikamar mandi (?)

      Oh kalo gitu buka sama calon mantu gimana?
      Ahmad? Ganteng gak anaknya?

      Pinginnya sih fokus ke lo, tapi takutnya gara-gara fokus banget nanti jantungku berdebar-debar gak karuan..

      Hapus
  7. Hausnya hadiahya kasih syarat tuh, no gender, bukan barang habis pakai, dll. Haha

    Kamu ini udah kuliah atau masih SMA. Aku soalnya merasakan yang lebih dari kamu huhuhu. Oke, ini agak sombong, sorry. Habis gimana ya, selain banyak undangan, banyak juga kebagian jadi panitia. Ditambah kuliah jauh dari rumah. Mobilitas pun mendaftar sbg masalah di urutan nomor dua setelah keuangan :"
    Tapi, yaa, semoga berkah. Kan kehitung memberi makanan buka puasa ke orang yang puasa :)

    Mohon maaf lahir batin, yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu ribet nyari hadiah ntar :D

      Baru lulus SMA. Wah kayaknya lebih capek dari aku. Semoga berkah iya :D
      Mohon maaf lahir batin juga :))

      Hapus
  8. Catatan rekornya sadis juga ya... bukbernya gak brenti2~ :D

    Namanya acara kalo.kebanyakan rencana emang ujung2nya sering banyak kendala, untung aja ini bukber walaupun ada panitia yg keluar masih bisa jalan... ada acara tuker2an kado segala, dan memang gak ada yg bisa diharapkan sesuatu yg wah dari nominal lima ribu, tapi setidaknya seru2an bareng temen full banget.

    Untung aja ini nggak ada tukeran mantan, kasian, kamunya gak punya, nanti gak boleh ikutan.

    Uhuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa masuk rekor dunia ya bang.

      Iya bang. Bingung banget kalau ada yang keluar itu. Kayaknya kurang mateng aja nih yang bikin susunan acara, nggak buat rencana B. Iya, yang penting buat seru-seruan aja itu.

      Plis bang, kalau tukeran mantan banyak yang nggak bisa ikut.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara buka puasa bersama itu paling asik banget di bulan puasa yaa walaupun saya non muslim tpi saya pernah merasakan hal tersebut bersama2 teman2 saya.

      oh ya bsk kn lebaran saya ucapin selamat lebaran ya mohon maaf lahir batin

      Hapus
    2. Acara buka puasa bersama itu paling asik banget di bulan puasa yaa walaupun saya non muslim tpi saya pernah merasakan hal tersebut bersama2 teman2 saya.

      oh ya bsk kn lebaran saya ucapin selamat lebaran ya mohon maaf lahir batin

      Hapus
  10. Walaupun saya non muslim saya juga pernah menghadiri acara bukber sama teman2 saya dengan memang acara bukber tahun kemarin tpi menurut saya bukber itu paling asik di bulan puasa..
    selamat lebaran yaa walaupun masih bsk tp ga apa2kan

    BalasHapus
  11. Walaupun saya non muslim saya juga pernah menghadiri acara bukber sama teman2 saya dengan memang acara bukber tahun kemarin tpi menurut saya bukber itu paling asik di bulan puasa..
    selamat lebaran yaa walaupun masih bsk tp ga apa2kan

    BalasHapus
  12. Solid banget nih temen2 angkatannya, juga jadi pengen punya angkatan kayak gini. Haha itu hadiahnya odol, kalo dapet langsung dipake buat nyikat gigi :v

    BalasHapus
  13. Nggak pusing nyari alamat temen-temennya? Itu 5 km pula. Jauh banget. :(

    Waduh, habis bukber malah hujan-hujanan. Sabar, Mas.

    Btw, selamat lebaran. Sebentar lagi nih. Nanti pasti kangen suasana bukber-bukber gini. Hohoho.

    BalasHapus
  14. Weedeehh.. Mantep bener nihh ajakan bukbernya ampe bnyak bgtuu.. bukber dirumah malah cuma 10x doang. Ckck.. Gak bangkrut apatuh, keseringan bukber diluar gtu?._.

    Eh, btw kita seumuran ya nco, baru lulus kmren? Anak IPS jg lagi nih;) Ah, aku tahun ini malah gak bukber sama tmen SMA, cuma SD sama SMP doang-_- tmen SMA nya pda ngomong doang mo bukber-__-
    Kok lucu sih, bukbernya pake undangan gtu?? aku mah bukber ngmngin di grup line doang, tp klo yg SD sih didatengin krmah2 jg..

    Asik banget lagi tuh pake acara tuker kado gtu.. Itu kadonya niat abis, parfum bekas sama sendal bekas. Itumah gak usah bermodal!._.wkwk.. Kalo gue ikutan sih gue kasih handbody bekas gue jg kali ya? sayang soalnya gapernah gue pake. Haha.. Angpao nya jg cuma seribu lg, gak skalian aja gope-_- bhahaha.. Asli, kreatif banget! :D

    Ohya, udh lebaran nih, mohon maaf lahir dan batin ya :)

    BalasHapus
  15. memberi makanan kepada orang lain untuk berbuka pahalanya besar,.. banyak orang yang melakukan hal ini, bayangkan kalau yang menyelenggarakan acara berbuka mendapatkan pahala yang sama yang di dapatkan oleh yang datang berbuka, apalagi kalau yang datang berbuka adalah orang2 alim, tapi sungguh sayang juga kalau mengadakan acara berbuka pas yang datang mereka yang berpuasa tapi ndak shalat dan lain2, pahala mengadakan berbuka bisa kurang.

    BalasHapus
  16. Buset sibuk amat buka di rumah sampe 10 hari doang. Wah walaupun banyak yang jadi gak dateng tapi kayanya seru tuh bukber anak IPSnya. Pake tuker-tukeran kado.

    BalasHapus
  17. Sayang sekali buka bersama keluarganya malah jarang bgt. Pdhl momen tsb kan bisa lbh mengakrabkan antara anggota klrga.
    Eh aku baru tau lho ada acara bukber pake tuker kado hahhaa pasti seru ya walo tanpa permainan sih
    Tu km jahat bgt msa kado parfum cm setengah. Makanya km kehujanan n basah kuyup ;)

    BalasHapus