Ya Tuhan... Batu Akik

Senin, Mei 18, 2015

"Om Rafi punya cincin nih" Pamer ponakanku.

Aku yang baru saja sampai ke rumah kakak aku nggak terlalu memperhatikan omongan keponakanku. Ya, beberapa minggu yang lalu, aku disuruh ke rumah kakak aku karena anaknya sakit, dan aku harus ikut bantu ngurusin anaknya. Untuk sekedar informasi, anak kakakku ini tiga dan.... cowok semua. Bisa bayangin kan ngurusin tiga anak dan cowok semua. Apalagi mereka masih kecil-kecil, yang paling besar juga masih SD kelas 1.

"Om nih cincinnya Rafi bagus nggak?" Pamer ponakanku sekali lagi.

Karena masih capek jadi aku hanya tiduran dan masih tidak memperhatikan keponakanku. Tapi gara-gara keponakanku yang bertanya terus dan... what the fap? BATU AKIK. Cincin yang dimaksudkan keponakanku adalah batu akik, iya BATU AKIK. Keponakanku yang masih SD ini pakai batu akik. Ya Tuhan, tolong luruskan jalan dia.

Tapi setelah aku selidiki, ternyata batu akik yang dipakai keponakanku ini batu akik palsu. Ya, batu akik yang dipakai adalah batu akik yang dijual oleh penjual mainan. Tapi walaupun keponakan aku pakai batu akik palsu, tapi tetep aja aku merasa aneh. Soalnya aku yang udah hampir tua aja sama sekali nggak tertarik dengan batu akik, tapi keponakanku yang masih SD ini sudah tergila-gila dengan batu akik.

Tidak hanya sampai disitu kegilaan keponakanku terhadap batu akik. Beberapa minggu yang lalu keponakan aku datang kerumah aku bareng keluarganya. Pas aku lagi asik-asiknya tiduran tiba-tiba dia datang membawa sebuah batu dan senter.

"Om, ini batunya asli nggak om?" Tanya ponakanku sambil ngasih batu dan senternya ke aku.

"Emang cara ngeceknya gimana fi? om Ponco malah ndak tau"

"Gini om, batunya disenter. Nih, asli nggak?"

"Om Ponco ndak tau fi.."

Gila kan, anak SD aja udah tau cara ngecek batu akik yang palsu atau yang asli. Bahkan aku yang bisa dengan mudah cari informasi ini, enggak tau bagaimana caranya ngecek batu akik yang asli ataupun palsu. Bahkan jenis batu akik aja aku hanya tau batu akik bacan, combong, sulaiman, kecubung, kalimaya, garut, giok, merah delima, safir, dan masih banyak lagi. Nah lho, kenapa aku malah tau banyak? Kayaknya aku udah mulai tertular virus batu akik.

Keponakanku yang satu ini kayaknya udah parah banget demam batu akiknya. Mungkin di SD nya batu akik adalah alat pembanding kekerenan. Kalau jaman dulu alat pembanding kekerenan adalah orang yang punya kelereng banyak, kalau sekarang yang punya batu akik langka lah yang jadi anak terkeren se SD nya. Parah banget.

Dan menurut kabar dari bapaknya, keponakanku ini udah beberapa kali pergi ke pameran batu akik. Ini apa banget ya? Biasanya kalau anak kecil itu pengennya ke pameran super hero, atau pameran-pameran yang berhubungan dengan mainan. Nah ini, kecil-kecil udah ke pameran batu akik. Bahkan bapaknya menjanjikan mau beliin batu akik yang asli. Yah kalau ini mungkin hanya janji manis aja. Tapi masalahnya kenapa enggak dicegah biar enggak terlalu cinta sama batu akik? Aku takutnya kalau aku ketemu keponakan aku ini, dia udah pake cincin batu akik di tangannya. Ada yang satu jari satu cincin, satu jari dua cincin, dan parah lagi kalau sampai dua cari satu cincin.

Mungkin kalau kalian lihat di berita ada seorang anak kecil yang menjadi salah satu pengoleksi batu akik, itu adalah ponakan aku. Oh iya, gara-gara ponakan aku, aku jadi tanya sama bapak aku, apa dia punya batu akik. Nggak tau kenapa aku juga jadi suka batu akik, dan akhirnya aku nemu dua batu akik yang lumayan langka. Gimana dengan kalian? Apa kalian pecinta batu akik? Apa kalian pernah lihat anak kecil yang tergila-gila dengan batu akik? Tentukan pilihanmu sekarang.

Batu akik super langka

You Might Also Like

75 komentar

  1. Permennya mirip sama batu akik hahaha
    tapi seriusan itu ponakanmu jga demam batu akik? sampai ke pameran segala? duh dek, masih kecil udah punya hasrat ke-akik-an, hahaha
    jujur aku juga sama kyk Ponco, gak ngerti apa2 ttg akik, apalgi pakai acara senter menyenter segala, aku kudeeet!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu batu akik langka mbak, bukan permen :p
      Iya mbak, keponakan aku demam banget sama batu akik. Hasrat ke-akik-an nya bahkan mengalahkan yang tua-tua.

      Jangan sampai tererumus ke dunia per-akik-an mbak :D

      Hapus
    2. saya yakin blog agan pasti rame, karena indonesia memang sedang rame dan tren batu, tak ketinggalan batu giok. namun banyak orang yang belum tahu khasiat batu giok dan bagaimana cara mendapatkan khasiat batu giok yang sesungguhnya.
      selain suka minuman berenergi, orang Indonesia juga suka menggunakan aksesoris giok seperti gelang giok dan lain sebagainya, namun tidak merasakan apapun, inilah rahasi yang tidak semua orang tahu dan bisa mendapatkannya.
      jika anda juga ingin tahu cara mendapatkan khasiatnya dengan benar
      silakan klik DISINI>> BATU GIOK

      Hapus
    3. Amiiinn.

      Belum minat nih, nanti deh aku coba tawarin sama ponakan aku, kali aja minat sama batu giok.

      Hapus
  2. hahahahaa.... batu akik, masku yang sekarang getol banget pake batu akik. Aku sih suka pake cincin, tapi yang ngeblink-blink. Kalau pun ada batunya, paling juga kaca warna doang. Dan harganya 12 ribuan di toko aksesoris Hahaha...
    kamu kalah kekinian dari ponakan ya... Bisa-bisa ponakan kamu masuk MURI, pecinta batu akik termuda. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka ngoleksi cincin mbak, tapi cincin nikah.

      Semoga aja masuk MURI mbak, dan bisa populer di dunia per-akik-an. Kan lumayan bisa jadi artis akik dia.

      Hapus
  3. hahahahaa.... batu akik, masku yang sekarang getol banget pake batu akik. Aku sih suka pake cincin, tapi yang ngeblink-blink. Kalau pun ada batunya, paling juga kaca warna doang. Dan harganya 12 ribuan di toko aksesoris Hahaha...
    kamu kalah kekinian dari ponakan ya... Bisa-bisa ponakan kamu masuk MURI, pecinta batu akik termuda. XD

    BalasHapus
  4. gilaaak kecil-kecil juga bisa ngematin batu ya co..
    duhh

    terlepas dari itu batu akik klo diliat liat mirip kolang kaling #jadi ngiler mendadak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aja yang udah hampir tua kalah nih mbak :(

      Lahhh malah ngidam :D

      Hapus
  5. Hahahaha. Anak kecil tau cara nyenter batu akik. Buset.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kalah dong bang sama anak kecil.

      Hapus
  6. hahaha... demam batu akik, nyembuhinnya pake es batu akik juga kayanya...hehehehe... heran sm anak2 kecil jaman sekarang, udah pada ngikutin org2 tua aja... *padahal juga punya banyak dirumah* wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah punya banyak dirumah ternyata, bagi dong :D

      Hapus
  7. Buset emang batu akik sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat, anak kecil aja udah punya. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan ibu hamil kalo ngidam batu bacan dan anak2 ngak minta dibeliin mainan tapi batu akik

    Nggak tau deh ini tren batu akik bertahan sampai kapan apa selamanya atau cuma musiman, bapakku aja punya 2 ibuku juga punya tapi heran aku kok gak tertarik sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horor riz, semoga aja jangan gitu. Aku takutnya besok juga bukan tamiya yang dibalapin, tapi batu akik.

      Jangan sampai terjerumus ke dunia per-akik-an riz. Karena mitosnya sekali terjerumus maka dua tiga pulau akan terlampaui. *apaini*

      Hapus
    2. Balapan batu akik, kemahalan dong batu akik buat mainan. Lagian nanti gak ada cerita rebutan warisan tapi rebutan akik

      Sama kayak dunia peridolan kalo sekali terjerumus bakl susah keluarnya

      Hapus
    3. Rebutan warisan gara-gara batu akik, tragis banget tuh. Memang susah, mau keluar dari dunia peridolan itu katanya harus nyium kening oshinya baru bisa.... ketagihan ngidol.

      Hapus
  8. buset, anak kecil udah pinter aja masalah gitu. Siapa yang ngajarin ya?

    Gawat tuh kalau dia cuma peduli sama batu ntar pelajarannya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada penjual batu akik yang ngejerumusin dia nih.

      Kalo pelajaran alhamdulillah bagus, soalnya ibunya juga ngebimbing.

      Hapus
  9. ternyata virus batu akik sudah menyebar sampai kalangan anak kecil yaa, bahkan keponakan lo yang masih SD aja sudah terkena imbasnya. terus juga dia mulai belajar bandingin batu akik yang asli sama yang palsu, gilaa keren banget. bener-bener beda sama jaman kita dulu SD ya bro? dimana kelereng masih aset yang bisa dibanggakan, sekarang udah berganti ke batu akik.

    kalo gue sih masih belum minat sama batu akik. alasannya sih cuman satu, jari gue cuman mau dimasuki sama cincin pernikahan, nggak mau sama cincin yang lainnya. halaaahh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman SD kita masih normal, nah ini udah abnormal banget. Apa mungkin kitanya yang kurang kekinian ya?

      Eaaaaa, langsung aja deh masukin cincin pernikahaannya mas.

      Hapus
  10. bahahaha, kasihan si om. keponakannya udah main batu akik..
    waktu temen gue ke desa diatasnya desa buntu juga gitu bro katanya. banyak anak sd yang make batu akik. nggak tanggung-tanggung, 10 jari full of akik stone -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, kalo anak-anak desa emang kayaknya gitu jev. Ke-akik-an nya kental banget, bahkan ada tuh 10 jari dull, surem -__-

      Hapus
  11. wakakak, gue engga usah jauh jauh, ade gue aja yang masih SD koleksinya batu akik, ngumpulin duit beli batu, setiap pulang sekolah bawa batu.. wkwk salah gaul kayanya ade gue _- itu batu lo boleee zugaaa ya bisa di emut haha

    BalasHapus
  12. Engga usah jauh jauh gue ke ponakan gue, ade gue aja yang masih SD hobinya koleksi batu, itu tas udah jarang ada pensil pengapus dll, isinya kalo engga bongkahan, cincinnya wkwk.. ngumpulin duit beli batu, terus dia jual.. wkwk salah gaul itu ade gue -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ade lu udah terjerumus dalam dunia per-akik-an juga. Segera rukiyah dia deh biar tobat.

      Hapus
    2. wkwkwk mungkin ade gue udah masuk komunitas batu akik di SDnya..-_-

      Hapus
    3. kenapa aku nggak kepikiran komunitas batu akik di SD ya. Mungkin ini emang faktor anak-anak kecil pada suka batu akik, itu pasti ada komunitasnya -_-

      Hapus
  13. hahahha dikirain benar cincin batu akik ehhh ternyata permen kiss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cincin multifungsi kok :D

      Hapus
    2. hahaha bisa di makan juga iya mas cincin nya :D

      Hapus
    3. Iya mbak, tinggal leb aja itu :D

      Hapus
  14. kirain bneran batu akik -_-
    ternyata permen Ki** :v

    BalasHapus
  15. Ampunnnn dah, batu permen disamain batu akik. Beliin yang asli dong om ponco. Masa iya ga ikut kekinian juga kalian :p hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aku enggak ngurusin blog lagi dong mbak kalo kesenengan sama batu akik :D

      Hapus
  16. Anak kecil sekarang pikirannya pada dewasa semua yes . .?? Nggak cuma urusan batu akik doang, sampe udah ada yang paham apa itu pacaran . . KAMPRET . .

    Hati2 lo diawasi ponakannya, , hahaa . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus diawasi emang, kayaknya perlu nyewa densus 88 buat ngawasin nih anak.

      Hapus
  17. Yasalaamm bocah SD udah doyan batu akik? *tepok jidat* sebagai om yang baik harusnya om ponco membimbing ponakannya supaya balik ke jalan yang benar. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini udah nggak bisa ditangani. Sebagai om aku sangat merasa gagal karena tidak bisa membimbing keponakan kejalan perplayboyan.

      Hapus
  18. Hahha pembanding kekerenan anak SD jaman sekarang pake batu akik :D

    Oia anaknya Pasha ungu juga suka banget batu akik, ampe hafal dia nama nama batu akik. Kalo ga salah pernah di undang INI TALKSHOW yang temanya batu akik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, anaknya Pasha ungu ini greget banget, aku juga pernah lihat dia di berita. Dan emang katanya dia suka make batu akik, parah.

      Hapus
  19. Anjrit klo ga liat bungkus permennya, kaya'a kena tipu gue -_-
    jual itu pasti mahal harga akiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal banget ini, pasti nggak ada yang berani beli.

      Hapus
  20. Wah... kita satu daerah nih ya...
    Ngomongin batu akik, gue jug anggak terlalu suka sama batu akik. Tapi ada juga temen sekelas gue yang make. nggak tau kenapa, batu akik menurut gue memberikan kesan tua.
    Secara, dulu batu akik yang make cuman orang-orang tua...

    Yang kamu tunjukkin itu permen kan ya?? anjir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya kita tetanggaan.

      Iya emang, tapi sekarang batu akik buat semua umur. Bahkan mungkin nanti ada bayi yang lahir langsung pake batu akik.

      Itu batu akik terlangka di dunia.

      Hapus
  21. hahaha mungkin ponakanmu cepet beranjak gede dari pemikirannya tapi haha. emang virus batu akik sudah menyebar dengan cepat bapak gue aja yang gak pernah pake cincin eh ternyata ada batu akik di rumah haha kalau batu akik buat hal-hal positif masih boleh lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal positifnya adalah punya topik obrolan kalo lagi nongkrong di pos ronda, pamerin batu akiknya.

      Hapus
  22. Ane juga punya nih batu akik. Tapi waktu di pake malah jadi ane dan gak pede. Piye toh? :(

    BalasHapus
  23. Sampe sekarang ga tau kenapa lho, seganteng apapun cowoknya kalau dia pake batu akik, gue langsung totally il-feel.

    Anyway, bilangin sama keponakan lo, 'De, daripada kamu tau ilmu gimana caranya bedain batu akik yang asli sama yang palsu, mending juga kamu tau ilmu bedain duit asli sama yang palsu. Itu jauh lebih berguna lho, De.' :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kayaknya ada juga sekarang kriteria cowok menarik itu yang batu akik di tangannya banyak, mungkin.

      Dia udah bisa bedain mana uang asli dan mana uang palsu, jadi katanya lebih penting bedain batu akik -_-

      Hapus
  24. Namanya juga anak-anak. Masih labil. Semua yang lagi ngetrend juga bakal dianggap keren. Tapi greget juga ya sampe udah tau cara ngebadain batu akik palsu atau asli. Gue yang udah segede gini aja nggak tau cara ngebedain & jenis-jenis batu akik. Gue taunya cuma batu batre, batu es, batu bata, sama batu yang ada di pinggir jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan, yang paling aneh itu bisa bedain batu akik asli sama palsunya itu loh -__-
      Kayaknya kita harus belajar tentang per-akik-an biar nggak ketinggalan jaman nih, malu kalah sama anak kecil.

      Hapus
  25. Ah, batu akik lagi batu akik lagi. Gue bener-bener kagak tertarik sama batu akik, entah kenapa kagak ada yang 'wah' menurut gue walaupun harganya sebegitu mahal.

    Oh iya, gue tiap ke mesjid sekarang pasti ngeliat ada satu anak, SD, pakai batu akik ke mesjid, bayangin, ke mesjid anak SD pakai batu akik, gila kagak! -_-

    Adik gue yang masih 2 tahun juga, padahal keluarga gue kagak ada yang suka nyari batu akik, dia tetiba suka main depan rumah dan mainin batu, tau apa yang dia bilang waktu gue tanya ngapain? Dia jawabnya, "Nyari batu akik."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gilak banget, batu akik sudah menyebar kemana-mana. Di masjid udah ada yang pake, di pasar banyak banget yang pake, di sekolah pun banyak yang pake. Batu akik emang gilaaakkk.

      Adik lu belum terjerumus terlalu dalam, sebaiknya segera melakukan pencegahan agar tidak masuk terlalu dalam ke dunia per-akik-an.

      Hapus
  26. Kok sama ya, aku juga ponakan cowok, kelas satu SD, dan dia demen sama batu akik. Hahahaha. Ngakak baca ini, keingatan ponakanku di rumah :D

    Bener sih, rada aneh ngeliatnya. Ponakanku yang cowok satu-satunya dari lima ponakanku itu bukannya demen mobil-mobilan, lrobot-robotan, atau cewek kek, eeh malah demen sama batu-batuan, ya walaupun batu akiknya juga palsu sih.

    Dasar, anak muda jaman sekarang...

    BalasHapus
  27. hahaaha jual tuh batu akik nya lumayan lo jutaan harganya :D

    BalasHapus
  28. Batu akik hhaha
    Gak kebayang adek gw yang kecil juga maen dah.

    BalasHapus

  29. Batu akik?
    Aku malah dititipin, tapi ogah. Lagian nggak ngerti juga.

    Tapi temenku banyak yang demam. Pasti punya minimal satu batu akik. What the hell..

    tapi kemarin liat , ada batu cantik-cantik. Warnanya pink. Nah lo? Tapi tetep cuma diliat doang. Kagak beli. :v
    Terus liat proses pemolesannya. Kelihatannya sepele tapi bahaya loh, debunya itu... kecil-kecil.

    BalasHapus
  30. Wkwkwk.. greget amat keponakan kmu.. batu akik mulai menyerang :v adek gue juga suka dengan batu akik tpi gak sampe tergila gila :v

    Greget bro

    BalasHapus
  31. Ehm. Gue bingung harus mulai dari mana pon. Pasalah, tu ponakan lu udah deman batu akik aja. Syukurnya, ponakan gue masih doyan main kelereng (gundu) gitu. Bahkan, sampe ke pameran batu akik. Ya Tuhan, tunjukkan jalan yang benar kepada ponakan ponco.

    Eh, itu kelas 1 SD udah doyan batu akik. Keknya kelas 2 SD nanti, bakalan jadi kolektor batu akik. Kelas 3 jadi raja batu akik. Kelas 4, mirip batu akik. Kelas 5, baru sadar kalo dia sudah disesatkan batu akik.

    Jujur, ya.. Di Pekanbaru kemaren sampe berminggu-minggu ada pameran batu akik. Tapi, sedetikpun gue gak pernah mampir. Lah, ini bocah kelas 1 SD udah mondar-mandir di pameran. Bocah macam apa ini? :D

    Eh, pon. Ngomong-ngomong. Batu langka difoto lu, berapaan? kemaren gue beli 1000 dapet 6. Di sana berapaan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, batu akik langka yang terakhir itu bisa dimakan juga ya. Bener bener langka.

      Ajaib. Keponakan lo bocah ajaib. Masih kecil kok udah suka sama batu akik sih? Harusnya di usianya segitu dia senang main mobil tamiya, main ke rental PS, atau main bilyard. Tapi kenapa suka banget batu yah?

      Mungkin dia terbawa kebiasaan orang sekitar. Kalo orang sekitar nya senang ngoleksi sempak bekas, mungkin ponakan lo juga akan melakukian halyang sama. aha

      Moga ketika dewasa nanti, ponakan lo bisa kreatif, dengan berbisnis batu akik langka.

      Hapus
  32. Gue malah pernah nemu batu akik di es cendol. Anak kecil suka batu akik gak masalah kok. Gak perlu dicegah. Yang penting batu akiknya gak sampe disembah. Bang Rafi sering-sering ngasih tau aja, kalo batu akik itu banyak yang suka karena keindahannya. Bukan karena kepercayaan, kalo pake batu akik bisa melancarkan rezeki. itu salah.

    Sebenarnya ada alasan kenapa kaum laki-laki suka sekali sama batu akik. Itu karena laki-laki tidak boleh menggunakan emas. Di islam gak boleh. Karena partikel emasnya bisa masuk ke kulit kemudian ke aliran darah. Nah, kalo cewek kan gak masalah. Tiap bulan darahnya dibuang :D Makanya para laki-laki cinta batu akik

    BalasHapus
  33. Subhanallah itu batu akik langka jenis apa coba -________-
    btw saya juga punya batu akik lho tapi yang jenis kayu. nahloh bingung kan batu apa kayu -____-

    BalasHapus
  34. Mirip banget sama adek istri gue nih. Masih SD mainannya batu akik. Sampe sampe gue ditagih berhari-hari gara-gara ngilangin satu batunya. Ya elah. Pola pikir generasi kita harus diubah nih biar gak 'kampungan'

    BalasHapus
  35. hahaha lucu bangettt, kitain teh iya batu akik ternyata permen kiss.. Good job buat author..

    BalasHapus
  36. Kami Jual Bongkahan Bahan Batu Bacan Doko & Palamea Asli Ternate 100%. Maluku Utara

    - Asli Bacan
    - Msh bongkahan / bahan padat
    - Siap Gosok
    1 ons 400 ribu
    5 ons 2 juta
    1 kg 3,2 juta
    bagi yg sudah minat
    silahkan hubungi kami langsung
    no hp : 0859-3281-5571


    Perhatian!!!
    Sebelum membeli tolong perhatikan gambar yg di etalase.
    Barang yg dikirim sesuai dgn foto yg di etalase.
    Barang yg sudah dbeli & diolah tidak bisa dkembalikan lagi dgn alasan apapun. kecuali bahan terbukti palsu dgn pembuktian hasil lab. selain itu kami tdk menerima alasan apapun.
    Setelah membaca ini berrti anda telah menyetujuinya, Terima kasih.

    BalasHapus
  37. Sama dongs.. Sepupu ku yang masih berumur 4 taun uda punya cincin batu akik.. Mana asli lagi.. -_-

    BalasHapus
  38. Hahaa gila, anak sd udah aja udah kena tular batu akik :D waaaah

    Om, itu yg batu akik di foto dijual gak? mauu beli om.. mau, mauuu :D

    BalasHapus