Segumpal Impian Terbesar

Kamis, Mei 21, 2015



"Hayo anak-anak nanti kalo besar kalian mau jadi apa?"

Kalian pasti pernah mendengar kata-kata itu, kalau kalian nggak pernah dengar mungkin kalian pas pertama lahir langsung kuliah. Kata-kata itu biasanya kita dengar pas TK atau SD. Dan biasanya kita asal jawab aja. Bahkan waktu keponakanku ditanya mau jadi apa, dia jawab kalau gede mau jadi mobil. Absurd emang, namanya juga anak kecil, belum mudeng banget.

Kalau ditanya impian aku itu apa, impian aku itu banyak. Waktu TK aku ingin jadi tentara, karena waktu ada karnaval aku pakai baju tentara. Waktu SD aku mau jadi polisi, nggak tau kenapa dulu kalau lihat polisi itu kelihatan gaul gitu. Pas SMP ganti lagi, aku mau jadi pemain bola. Tapi pas lihat postur yang kayak lidi-lidian ini, akhirnya aku mengurungkan niatku.

Kalau disuruh menyebutkan semua impianku, itu ada banyak. Salah satunya yang sudah tercapai adalah gelindingan di bukit. Jadi ceritanya beberapa minggu kemarin aku pergi ke kebun teh yang ada di salah satu daerahku. Dan entah kenapa dari dulu aku punya impian gelindingan dari dataran yang tinggi ke yang lebih rendah. Akhirnya aku gelindingan disana. Gimana rasanya? pusing? rasanya emang pusing, tapi kayak ada manis-manisnya gitu.

Tapi kalau bahas impian-impianku yang seperti diatas itu mungkin nggak bakal selesai, soalnya ada banyak impian-impianku yang sebenarnya nggak penting dan absurd. Kali ini kita kesampingkan masalah itu. Kali ini aku mau membahas tentang beberapa impian terbesarku. Impian beberapa bulan kedepan sampai beberapa tahun kedepan. Ini dia beberapa impian terbesar dalam hidupku :

Diterima Di Program Studi yang Diinginkan

Karena tahun ini aku lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, jadi impianku yang pertama adalah diterima di program studi yang diinginkan. Dan kalau bisa diterima di universitas yang diinginkan. Karena kemarin aku resmi ditolak SNMPT, seperti yang pernah aku ceritakan di sini, akhirnya aku harus mewujudkan impianku ini dengan jalur lain, yaitu jalur tes.

Apa saja yang harus aku lakukan untuk mencapai impian ini? Sudah pasti kan, aku harus belajar materi-materi yang diujikan agar bisa mengerjakan soal yang diujikan dan lolos dalam ujian tes masuk. Dan jangan lupa berdo'a.

Jadi Jurnalis Sepakbola

Karena kesukaanku terhadap sepakbola dan menulis, akhirnya aku punya impian untuk menjadi seorang jurnalis sepakbola. Setelah membaca beberapa tulisan tentang sepakbola dari jurnalis sepakbola yang lumayan terkenal, aku jadi tertarik buat jadi jurnalis sepakbola.

Apa saja yang harus aku lakukan untuk mencapai impian ini? Yang pasti aku harus belajar tentang dunia kepenulisan dan terus update tentang berita bola. Dan Mungkin aku harus banyak-banyakin berdoa, puasa, zakat, dan naik haji bila mampu, biar impianku ini tercapai.

Bisa Terus Menulis Di Blog

Untuk bisa konsisten menulis di blog itu sepertinya sangat sulit. Buktinya sudah banyak blogger senior ataupun blogger yang baru mau mulai ngeblog berhenti dari dunia per-blog-an. Banyak alasan yang menjadikan para blogger berhenti ngeblog, ada yang alasannya sibuk kuliah, ada yang alasannya sibuk ngurusin anak, dan ada juga yang alasannya sibuk ngurusin anak selingkuhan yang lagi kuliah. Kesibukan memang kejam.

Memang kesibukan itu kadang bikin kita lupa dengan sesuatu yang kita senangi. Tapi seberapa sibuknya aku beberapa tahun kedepan, aku punya impian untuk tetap konsisten untuk menulis di blog. Ataupun kalau enggak di blog, aku tetap ingin terus menulis.

Apa saja yang harus aku lakukan untuk mencapai impian ini? Dengan meluangkan sedikit waktu diantara kesibukan, mungkin aku masih bisa terus menulis di blog.

Bahagia




Impian terbesarku selanjutnya adalah bahagia. Karena percuma kalau impianku yang lain tercapai tapi aku enggak bahagia (cieeehhhh). Mungkin definisi bahagia itu banyak, banyak banget malah. Dan bahagia yang aku maksudkan disini adalah bahagia dalam arti bahagia segalanya. Yang paling penting sih bisa bahagia sama kamu, iya kamu mbak-mbak penjual sari roti yang sering keliling di depan rumah.


*****

Mungkin itu dulu impian-impian terbesarku yang bisa aku sebutin. Dan sebenarnya masih banyak banget impian-impianku yang lain. Tapi aku tau kalian udah capek baca kan, aku kan nggak mau ngerepotin kalian. Jadi aku udahaan aja nulisnya.

Mungkin tidak semua impian kita akan tercapai, aku pun juga. Banyak impianku seperti jadi playboy, populer di SMA dan impian lainnya yang enggak tercapai. Karena kita hanya bisa merencanakan dan Tuhan yang menentukan. Tapi apakah kita akan menyerah ketika impian kita tidak sejalan dengan Tuhan? Tidak, kita harus merencanakan impian lain sampai sejalan dengan Tuhan, dan akhirnya Tuhan mewujudkan impian kita. Ayo wujudkan impian kita, jangan hanya bermimpi terus :))



You Might Also Like

61 komentar

  1. iya banget tuh, percuma kalau semua hal yang di inginkan tercapai tapi malah nggak bahagia. wih, jadi jurnalis bola? gue jadi inget juan mata. kuliah di jurusan jurnalis gitu, terus malah jadi pemain bola. dia juga aktif ngeblog....

    yah, semoga lulusnya lo dari SMA ini bisa jadi awaln dari segala impian-impian lo deh :D
    dan semoga, bisa terus konsisten ngeblog jugak. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku pemain bola kampung gagal yang pengen jadi jurnalis bola jef. Hampir mirip sih sama si Mata, semoga rejekinya juga mirip.

      Amin :))

      Hapus
  2. Yakin prngen terjun jadi jurnalis
    aku mantan jurnalis yg ga pengen lg masuk k jurnalism hmmmm
    sukses lombany

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku pengen.
      Mbak nita keluar kenapa emang? susah ya mbak jadi jurnalis?

      Hapus
  3. Bahagia itu kayaknya keinginan dari sema orang.

    Dan untuk program study yang diinginkan itu, semoga tercapai deh
    amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang keinginan semua orang :D
      Amin :))

      Hapus
  4. Semoga terwujud segala impian kamu ya, amin. Semoga ketrima di PT favorit dan moga menang dalam Giveawaynya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makasih mbak mei. Amin mbak, semoga semuanya tercapai :D

      Hapus
  5. Wih jurnalis.. keren bro.. gue doa'in semoga impian lu terwujud... dan benar sekali kita hanya bisa merencanakan dan Tuhan lah yg menentukannya... tetap semangat bro... tidak ada usaha yg sia sia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih doanya. Yosh, cuma Tuhan yang bisa merestui impian kita, tetep semangat :D

      Hapus
  6. Wih jadi jurnalis bola, kalo kesampean mantab itu broh. Bisa liputan ke luar negeri kalo ada tugas :3

    salam kenal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa main-main ke stadion di luar negri :D

      Salam kenal

      Hapus
  7. Asiiikk. Bahagia emang bayaran tak ternilai. Percuma juga kerja tapi malah nyusahin dan nyiksa diri sendiri. Ehehe.
    Semoga tercpai ya jadi jurnalisnya. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apapun yang dilakukan kalo enggak bahagia ya nggak enak :D
      Amin :))

      Hapus
  8. Pon, keknya kalo ponakanmu bisa jadi mobil, entar gue boleh nyewa buat jalan-jalankan? :D

    Lho, kok gelindingan ada manis2nya gitu. Iklan ini, mah.. XD

    Diterima di program yg diinginkan : Semoga berhasil, ya pon. Doa Pangeran menyertaimu. :)

    Jadi jurnalis: Eh, pon. Lu yakin mau jadi jurnalis sepakbola. Takutnya yang mau diwawancarain takut ngeliat lu yg kayak lidi yg bergoyang gitu. XD

    Bisa Terus nulis di Blog : Ini menurut gue yang paling keren di atas keren lainnya. Soalnya ini impian yg mulia banget. Supaya bisa menyenangkan orang lain.

    Bahagia : Kadang org sering ngira, impian ini aneh. Soalnya, sejak kecilkan kita udah bahagia. Tapi, kenapa malah jadi Impian. Hanya orang yang punya persepsi sama yg tau makna sederhana ini.

    Semoga menang GA-nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sih bang, tapi bayarnya ngasih makan dia satu tahun, mau? :D
      Pangeran belum pernah ngerasain sensasinya gelindingan sih, coba aja. Pasti ada manis-manisnya gitu.

      Yaelah bang, mereka malah seneng lagi lihat postur tubuh aku yang proposional kayak lidi ini.

      Nah, pangeran pasti tau nih soal bahagia-bahagiaan :D
      Makasih do'anya pangeran, semoga beneran tercapai. Nanti kalo beneran tercapai pangeran traktir aku ya :D

      Hapus
    2. Mahal amat. Amat aja, gak mahal. Eh.. :D

      Ya maleslah, entar kalo pas gelinding endingny keterusan gimana? Mati. Hayo.. gue masih banyak dosa, pon. Pengen taubat dulu. :)

      Yakin tu, seneng liat lidi? :D

      Iya, dong.

      Lhoo, kok gue yg traktir? bukannya yg bisa mencapai yg traktir? Permintaan macam apa, ini? :D

      Hapus
    3. Amat nggak ada label halalnya pangeran, makanya dia murah. Kalo ini ada label halalnya :D

      Hahaha, baguslah kalo pangeran sada masih banyak dosa. Segera tobat sana :))

      Mereka pecinta lidi pangeran :3
      Hahaha, itu kan udah adil. Impian aku kecapai, terus pangeran ntraktir aku :v

      Hapus
  9. Jadi penulis blog juga merupakan profesi yang mulia, karena kita bisa sharing sesuatu yang bermanfaat buat orang lain siip lah. Dan ukuran bahagia itu sudah pasti harapan semua orang... Sukses untuk giveawaynya yaa...

    BalasHapus
  10. Ciyeeee, pengen jadi jurnalis sepakbola. Semoga jadi junalis sepakbola yang bahagia dan dapat istri yang bisa bikin roti enak seenak rotinya mbak-mbak sari roti! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :D
      Semoga dapet istri mbak mbak sari rotinya malah :p

      Hapus
  11. Emang dulu cita-cita oas masa kecil ada banyak banget dan kadang labil, suka ganti cita-cita gitu. Kadang pingin jadi dokter, jadi tentara, jadi usahawan, jadi jurnalis.

    Tapi pas sekarang udah gede malah gak kepikiran buat wujudin cita-cita. Sebenernya sih bisa ya jadi dokter yang kerjanya di rumah sakit militer yg jadi jurnalis lepas dan punya usaha sendiri. Ribet banget

    Ya yang penting kejar impiannya, kadang impian beda dengan cita-cita, dan selalu bahagia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang kalo kecil malah cita-citanya absurd riz. Pengen jadi penjahat misalnya...

      Mulai sekarang pilih apa impianmu riz. Dan buat step-step menuju kesana :))

      Hapus
  12. Impian yang bagus , dgn adanya impian bikin lebih semangat ngejalanin hidup...
    Utk konsisten ngeblog ? Ngeluangin waktu buat bikin postingan minimal 1-2 sebulan wkwkwk ....tulis aja tentang apa aja terus bisa dibuat postingan terjadwal (kalo mau ) biar ngga terkesan kosong blognya hehe . Tapi klo aku biasanya langsung publish sih.

    Semangaat ngelanjutin kuliah yaw...yang pasti ada perbedaan yg dialamin nantinya dibanding pas SMA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga biasanya langsung publish. Makanya ntar nyoba posting terjadwal, atau nyimpen tulisan di draft dulu :D

      Iya, udah siap dengan perbedaan kok :))

      Hapus
    2. Ide baguus
      Selamat menyongsong dunia sekolah baru ya :D

      Hapus
  13. Kalo masa kecil dulu impiannya pasti jadi dokter, presiden, pilot dll. Jadi jurnalis sepakbola keren ya. Itu impiannya juga bahagia ?? emang sebelumnya adalah kaum teraniaya makanya gak bahagia :D
    Semangat. Moga menang giveaway nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo dulu taunya cuma itu-itu aja. Udah bahagia kok, dan semoga besok-besok tetep bahagia, atau paling tidak tetep merasa bahagia :))

      Hapus
  14. Co lo ngapain guling-gulingan dari atas bukit, apa yang sedan lo pikirkan co ? hahaha. tapi apapun alasannya itu, kalau yang namanya keinginan kita, dan bisa membuat kita bahagia pasti akan dilakukan ya co.

    semoga impian pertama lo di tahun ini, bakalan terwujud ya co. memang kita sebagai manusia, cuma hanya bisa bermimpi dan merencakannya, dan Tuhan yang menentukan, tapi walaupun begitu kita gak boleh kaya sama hukum alam, kita harus semangat, dan bukan lagi menggantukan cita-cita kita setinggi langit, tapi raihlah cita-cita kita setinggi langit. :)

    sukses buat givewaynya co.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mi, kalo nggak dilakuin kayak ada yang ngganjel gitu soalnya. Hahahaha...

      Amin, semoga Tuhan juga menyetujui impianku :D

      Hapus
  15. impian gue waktu kecil dulu malah pengen jadi power rangers, haha! soalnya keren gitu bisa membela kebenaran. lah, itulo ngapain gelindingin bukit? yaa pantesan pusing lahh!

    untuk impian yang poin satu dan dua sih mungkin lo bisa mencapainya dengan masuk kulisah ke jurusan yang berbau jurnalistik gitu yaa.

    yang poin ketiga, kayaknya emang sulit banget jadi blogger yang konsisten hehe. gue aja kadang-kadang juga males buat konsisten. tapi kalo kita udah konsisten, ntar bakalan bisa terbiasa kok.

    dan poin terakhir, itu wajib banget buat kita capai, soalnya percuma kalo semuanya udah tercapai, tapi nggak bahagia.

    semoga semua impian lo bisa tercapai yaa.
    good luck buat GA nya. semoga menang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Absurd banget impiannya. Emang sih dulu banyak yang pengen jadi power rangers. Kasihan nggak ada yang pengen jadi musuhnya.

      Butuh kerja keras untuk mencapai impian-impian kita. Semoga semuanya tercapai :D

      Hapus
  16. Ih. Kok ada ya anak kecil yang jawab pengen jadi mobil -________- aku baru pertama kali ini mendengar impian seabsurd itu.

    Yap. Memiliki impian memang perlu, biar hidup enggak random. Biar ada target. Biar jelas mau kemana. Dan mimpi hanya sebagai patokan saja, untuk mencapainya, perlu perjuangan yang sungguh-sungguh.

    Untuk impian yang poin bahagia, sebenarnya ini bukan termasuk impian. hehe. Ini fitrah manusia untuk menjadi bahagia, sudah naluri, dari sononya. Dan yang menarik adalah: impian tidak bisa membuat kita bahagia. Contoh nyata: banyak orang-orang yang berpotensi tinggi menggapai cita-cita di bidangnya, karir gemilang. Tapi orang2 itu tidak mengambil kesempatan2 emas itu, mereka justru rela menjadi guru, untuk menularkan ilmu-ilmunya, dan bahagia ketika melihat anak-anak didiknya yang sukses. Ini contoh konkrit bahwa impian tidak mesti membuat bahagia. Hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kecil emang absurd banget.

      Iya, biar kita tau step-step apa aja yang bakal kita lakuin di masa depan. Kalo cuma ngikutin arus ntar malah nyesel.

      Itu juga impiannya kok, lebih tepatnya impian yang sekarang. Karena impian itu nggak selamanya terwujud kan? jadi impian yang enggak terwujud itu akan diganti dengan impian yang baru dan pastinya membuat bahagia :D

      Hapus
  17. Impian kamu keren tuh, co. Gelindingan, dan kesampean. Haha
    Semoga impian jadi playboy kecapai, pas masuk kuliah, co. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren kan di. Semoga pas kuliah jadi playboy cap kecap di.

      Hapus
  18. Semoga impian-impian kamu bisa terlampaui ya Ponco, aamiin.. :))
    bener, tidak semua impian kita akan tercapai, tapi tetaplah yakin Tuhan ngasih ganti yg lebih baik :) dulu impianku kuliah dkv nggk keturutan, tapi Alhamdulillah Tuhan ngasih ganti yg lebih baik. yg penting ttp bersyukur.

    good luck GA nya ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener, semua impian kita nggak semuanya bisa kecapai. Tinggal mana yang cocok sama rencana Tuhan yang bakal kecapai :D

      Hapus
  19. Kalau gue, impian terbesar gue adalah pengen liburan pergi ke Korea. Hahaha.. :D

    Kalau mau ngambil jurnalistik, mending masuk universitas jurnalistik di Jakarta, lupa namanya. Pokoknya alumnusnya itu si Andy F. Noya. Katanya sih itu juga bagus.

    Atau kalau emang pengennya masuk univ negeri, ambil aja fakultas FISIP di UI atau UNPAD.

    Good Luck yah, ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren, aku juga punya impian buat ke luar negri :D

      Udah aku rencanain kok mbak, dan bener aku juga mau masuk fakultas FISIP. Kalo kotanya yang deket aja deh sama kotaku :D

      Hapus
  20. semoga tercapai semua impiannya mas hehehe

    BalasHapus
  21. Tetep ngeblog dan bisa dicintai dan mencintai adalah impian yg sama :D Semoga tercapai semua impiannya. menjadi jurnalis bola itu mimpi yg antimaisntream dan keren. soalnya bisa berpeluang keliling dunia dan mengunjungi lapangan sepakbola di berbagai negara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi jurnali bola kali aja bisa jalan-jalan gratis ke luar negri :D

      Hapus
  22. kalo impiannya bahagia, berarti sekarang udah bahagia atau belum? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bahagia kok, tapi kan yang sulit buat mempertahankan biar bahagia terus, atau paling enggak merasa bahagia :D

      Hapus
  23. Impian terbesar itu ketika melihat keluarga tertawa lepas karena kita :) ^^

    BalasHapus
  24. Semoga tercapai impiannya bang.. tulisan lu lucu ya.. gue suka.. bikin gue ketawa bacanya..

    BalasHapus
  25. keren kata2nya,, asik buat disimak nih... :D

    BalasHapus
  26. Jadi, selama ini lo naksir mbak mbak sari roti yang suka lewat depan rumah? Kebangetan lo... Ahahaha

    Pada akhirnya emang pengen bahagia yah. Sama hal nya kayak mahasiswa tingkat akhir yang cuma pengen lulus, biar bisa bahagia.

    Teruslah berjuang bero. Bagus juga lo enggak cuma nulis apa impian lo, tapi lo juga nulis apa yang mesti lo lakuin untung mewujudkannya. keren!

    BalasHapus
  27. Bahagia kan tujuan hidup, Pon~

    Semoga kecapai impian-impiannya. teutama yang jadi jurnalis sepak bola. :D

    BalasHapus
  28. impianya keren deh :)
    semoga impianya tercapai yah

    BalasHapus
  29. Hahaha bener banget, Co. Dulu kalo ditanya impian sama guru TK, jawabnya apa. Giliran guru SD kelas 1 yang nanya, jawabnya lain lagi. Jawabannya terus ganti-ganti sampe SMP. pas udah nginjek SMA, udah mulai rasional mikirnya dan "nyadar diri" haha.

    Impian yang bagus. Untuk yang terakhir, aku juga sama. Nggak cuma ngeblog sih. Intinya nulis. Karena meraih itu mungkin gampang. Tapi konsistennya yang susah. Semoga semua impiannya terwujud ya. Aamiin. Dan, good luck buat give awaynya!

    BalasHapus
  30. Yoi, jurnalis sepak bola! Gue juga pengen jadi jurnalis sepak bola sih, biar kalo misalnya nonton bola bebas ga perlu bayar, wkwk

    BalasHapus
  31. Wah, kalo ngomongin impian... semua orang pasti punya impian masing-masing, dan biasanya semakin dewasa semakin berbeda sama waktu kita kecil dulu. Orang-orang yang bisa pertahanin mimpinya & berhasil ngewujudin, patut diapresiasi.

    Milih program studi pas kuliah itu susah-susah gampang, soalnya hubungannya dengan karir, meski ngga semua lulusan jurusan A kerjanya di bidang A juga. Karena impian lo jadi jurnalis sepakbola (ini impian bagus banget, top), gua doain semoga lo dapet jurusan yang sesuai dengan minat.

    Tetep konsisten ngeblog itu emang penting banget, keep up your good job! :-)

    BalasHapus
  32. Aamiiiiin.. Pasti bisa tercapai kok, asalkan berusaha keras menggapainya.. :D

    BalasHapus
  33. Aamiin!! Gue doain semoga semua harapan dan impianmu semua bisa terlaksana yaaaa..Aaamiin!! Dan untuk bisa bahagia, lo hanya perlu 1 hal. Untuk bisa menjadi bahagia maka berbahagialaaaaah!! :D Waah, ternyata lagi ikutan giveaway yaaa...aku ikut sekarang udah telat belum yakk

    BalasHapus