Rasanya Pertamakali Ditolak

Senin, Mei 11, 2015

"Aku gak lolos nob" Kataku ke teman aku yang sama-sama sedang berhenti di depan rel kereta api.

Sore itu aku dan teman-teman baru pulang dari jenguk teman yang kecelakaan. Dan pulangnya kita kena hujan yang sangat deras. Terlihat di depan jalan ada palang rel kereta api yang ditutup, itu artinya aku sayang kamu kereta api mau lewat. Akhirnya aku berhenti dan nyoba buka sms di HP aku. Ada 9 sms dengan 2 sms yang berbeda. Isi sms yang sama adalah "Piye SNMPTN mu?", "Lolos ora?", "Piye nco?", dan sms yang menanyakan SNMPTN lainnya. Hanya nomer yang ada namanya dikontak HP yang aku balas.

Sedangkan dua sms yang berbeda adalah sms dari Ibu, yang isinya "Co wes bali durung, nek wes Bapak kon neng puskesmas". Isi sms nya menyuruh aku bilang ke Bapak buat jemput Ibu di puskesmas. Dan satu sms lainnya adalah dari guru les, yang isinya "Adek-adek, berdasarkan hasil pengecekan, kalian belum ada yang lolos SNMPTN. Tetap semangat ya."

"Aku gak lolos nob"

"Hah, serius? Jare sopo?"

"Aku jare guru lesku"

"Hoalah, semangat yo"

"Okee"

Kereta api sudah lewat, dan palang kereta api pun sudah dibuka. Aku dan Nobi, yang diantara teman-teman yang ngejenguk tadi rumahnya paling jauh, akhirnya melanjutkan perjalanan pulang. Nobi belok kearah gang rumahnya, dan aku tetap lurus kearah rumahku. Hujan yang sangat deras mengganggu pengelihatanku. Dan hujan malam itu menghapuskan kekecewaanku terhadap mantan.

Dari awal aku emang nggak terlalu mengharapkan SNMPTN, karena kalau melihat nilaiku yang naik turun seperti gunung, dan jeleknya nilaiku, aku sangat pesimis bisa diterima. Tapi walaupun sudah pesimis dan nggak berharap, tapi ada sedikit rasa kecewa karena ditolak. Karena ini pertama kalinya aku ditolak. Mungkin panitia SNMPTN adalah mantan yang benci sama aku, dan pas lihat nama aku akhirnya dia balas dendam dan langsung nolak. Mungkin.

Akhirnya aku sampai di rumah. Dan segera melepas jas hujan beserta baju dan celana basahku. Dan di dalam rumah hanya ada Bapak aku. Aku memberi tau kalau aku nggak lolos.

"Pak, aku nggak lolos"

"Oh iya"

"Kok cuma iya?"

"Lha, harus gimana?"

"Marah dong paaaakkk..."

*Bapak aku langsung muntah batu akik*

Pas sampai di rumah aku langsung buka laptop dan lihat keadaan di sosmed. Dan ternyata sudah banyak yang nge-screenshoot kartu pengumuman SNMPTN. Ada yang warnanya ijo, dan ada yang warnanya merah. Setiap hari kusiram semuanya, mawar melati semuanya indah. Maaf. Yang warnanya ijo itu artinya lolos dan yang merah artinya enggak lolos.

Ada beberapa teman terbaikku yang lolos. Yaitu Amel, Addin, dan Hendra. Dan teman terbaikku yang enggak lolos juga banyak. Ada Bagas dan Emir, orang yang pernah aku ceritain di blog ini. Bagas sudah bisa terima, karena dia emang pesimis sama kayak aku. Sedangkan Emir, dia aku sms nggak dibales. Aku tau pasti dia kecewa, gara-gara dia jomblo. Serius, dia sering ngeluh kalau dia jomblo. Bahkan dia pernah mau bunuh diri dengan cara minum M Kapsul satu bungkus. Parah banget, mati enggak nyeri haid iya.

Karena nggak lolos SNMPTN berarti aku harus belajar untuk masuk kuliah jalur tes. Dan karena harus belajar, akhirnya banyak project yang harus aku cancle, karena harus ngatur waktu lagi dari awal. Tapi ada beberapa project yang tetep jalan. Yah, enggak papa lah mungkin ini bukan jalanku, karena kini ku tak sanggup lagi, tuk ikuti jalanmu hanya membuatku sakit hati... maaf malah nyanyi.

Aku minta maaf sama Bapak dan Ibu yang mungkin kecewa kalau aku nggak diterima SNMPTN. Dari awal aku udah bilang ke mereka, kalau enggak usah terlalu berharap sama SNMPTN, karena lihat nilaiku yang amburadul. Dan terimakasih juga teman-teman sesama blogger, ataupun pembaca, dan teman-teman seperjuangan yang pernah do'ain aku buat lolos SNMPTN. Terimakasih, walaupun aku gagal tapi aku senang kalian do'ain aku. Dan semangat juga buat yang belum lolos, masih ada kesempatan. Kita sama-sama berjuang.

Semoga kita semua selalu diberi jalan terbaik oleh Tuhan. Tetap semangat dan tetap berdo'a untuk yang terbaik. Selamat buat yang ketrima. Dan semoga sukses untuk kita semua. Terimakasih, sampai jumpa. Mwaaahhhh :*

Screenshoot sebuah kegagalan


You Might Also Like

48 komentar

  1. Hehe... situ ga lolos snmptn ya? kalo gitu sama dgn saya... saya ingin berbagi pengalaman sedikit...

    Saya lumayan pinter sewaktu kelas satu sma, karena saya waktu itu ranking ... (ah... sepertinya tdk usah disebutkan kalo saya waktu itu ranking 2, krn saya tdk ingin dipuji, hehe...) nah krn nilai saya yg bagus itu, org tua saya menyuruh saya ikut les sewaktu kelas dua sma...

    Dan hasilnya... adalah... nilai saya jeblok, mungkin krn saya capek soalnya sepulang sekolah langsung ikut les dan begitu seterusnya... sehingga waktu kelas tiga sma, saya sedikit cemas krn saya bingung nanti mau masuk perguruan tinggi yg mana...

    Waktu itu org tua saya sudah menyuruh saya untuk masuk ptn (krn swasta mahal) oleh krn itu pas kelas tiga sma saya ingin bangkit dan banyak belajar. Singkat cerita saya lulus un dengan nilai paling memuaskan di kelas saya, padahal teman2 di kelas saya itu pd pake contekan semua kecuali saya...

    Mau tau rata2 un nya? sepertinya tdk perlu saya sebutkan, krn rata2nya cuma 7,5... hadeh... nah setelah lulus un, target selanjutnya adalah snmptn. Saya sebenarnya sudah pesimis ikut snmptn, krn nilai un saya kecil plus nilai rapot jelek...

    Oleh krn itu ibu saya dan guru saya menyarankan saya untuk mengambil ptn diluar jawa... jadilah waktu itu saya pilih universitas lampung (Unila)... sebagai ptn yg saya ambil di snmptn... waktu snmptn, saya cuma pilih unila saja, dgn dua prodi yaitu agribisnis dan peternakan...

    Setelah saya yakin 100% saya akan masuk unila, tiba2 langit runtuh, bumi bergetar, gunung berhamburan (hehe....) ya! pengumuman snmptn pun diumumkan dan saya tidak lolos snmptn. Ya! tidak lolos, saya kecewa sekali... hancur sudah harapan saya kuliah di ptn... bahkan saya berpikir, bagaimana nih kehidupan saya selanjutnya? kuliah dmn?

    Saya juga berpikir, mungkin org tua saya akan kecewa dan lain - lain. Tp org tua saya memberi semangat dan menyarankan saya ikut sbmptn. Siapa yg sangka saya bisa lolos sbmptn. Padahal saya sebelum sbmptn dimulai, saya tidak ada niat belajar sama sekali, bahkan saya lebih sering main game...

    Dan lebih mengejutkannya lagi adalah saya lulus di salah satu ptn favorit di indonesia, yaitu universitas brawijaya... dan tidak hanya satu itu saja, saya juga lolos di UIN jakarta dan STMIK (lupa kepanjangannya)... krn saya ikut di berbagai tes di perguruan tinggi...

    Nah bisa diambil kesimpulan dari cerita saya ialah jika kita tidak lolos snmptn, mungkin tuhan ada rencana lain buat kita, mungkin itu bukan yg terbaik untuk kita... dan saya bisa lolos sbmptn itu juga berkat doa org tua saya... oleh krn itu, jgn lupa minta doa restu dari org tua, krn itu adalah faktor kunci dari sebuah kesuksesan yg akan kita raih...

    Mungkin ini komen terpanjang yg pernah saya tulis (hehe..) semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang, dan sangat bermanfaat :D

      Siip, semoga ada jalan lain untuk menuju kesuksesan :))

      Hapus
  2. Yaelah, sampe gegara hujan ngapus kekecewaan sama mantan. Emang, deh. Catatan hati mantannya pekat banget.

    Ngeri juga pon. Bapakmu bisa ngeluarin akik dari mulutnya. Jangan2 itu mulut ajaib "Niruin suara doraemon."

    Ngapain bunuh diri pake minum M Kapsul. Siapa yg ngajari. Sekalian aja, minum wedang jadi satu truk. Biar kembungnya plong... -_-

    Aduhh pon. Gue jadi ikutan cedih, nih. Tapi sabar, ya. Kata orang, semua akan indah pada waktunya. Kapanpun itu, akan indah lho. Jadi, terus berusaha dan berdoa semampu kita. Supaya gak ada kisruh antara hati, pikiran, dan tentunya deretan para mantan.

    Jurinya SNMPTN Mantanmukan? Makanya... Baikin mantan gih. :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Bapak aku bentar lagi mau tak ikutin pameran batu akik bang, kali aja ada yang mau nawar, kan lumayan :))

      Kali aja pake M Kapsul lebih cepet mati, eh ternyata malah nyeri :(

      Semoga gitu bang. Semoga masih ada jalan buatku untuk menuju kesuksesan, bukan untuk menuju ke pelukan mantan.

      Hapus
  3. Sabar wahai anak telatan. Masih ada SBMPTN kan? Dan lo masi nafsu pengin kuliah di Yogya, kan? Gue masih nunggu lo di Yogya, nak. Belajar yang rajin, jangan sampain nilai lo yang maik turun kek gununh kembarnya Nikita Mirzani itu terulang dan malah menghalangi mimpi lo.

    Gue yakin lo bisa Co.
    Dan gue masih nunggu lo di Yogya.
    Salam dari Blogger Labil. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip bang, aku tetep semangat buat ngeraih mimpiku, apalagi mimpi buat nikahin Nabilah, niat banget itu. Aku pasti bisa :))

      Hapus
  4. Emang gak salah sih ini dinamian catatan hati seorang mantan. Gak lolos SNMPTN aja ceritanya udah kaya orang baru putus pacaran.. Ponco emang Mantan banget dah..

    Masih banyak jalan untuk kuliah Nco.. Santai dan nikmati saja screenshoot kegagalan hari ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aku terlahir mantan-able :')

      Sangat menikmati screenshoot kegagalan, apalagi punya teman-teman yang juga gagal.

      Hapus
  5. Sambil nunggu tugas, aku blogwalking yak, hihi
    Gapapa Poncoooo.. yakin, next pasti bisa :) Kau tahu, aku pernah gagal pmdk, snmptn, dan umdesain. Bayangin, ditolak TIGA KALI ! *sengajacapslock next yearnya aku coba spmb dan snmptn, dan keduanya lolos.
    So, kamu masih punya banyak kesempatan, jangan berkecil hati yaa :)) Good luck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, makasih mbak. Semoga dikesempatan berikutnya enggak gagal lagi :D

      Hapus
  6. munkin tes tulis bisa berhasil, coba aja daftar dulu

    BalasHapus
  7. Sabar ya, ditolak berarti bukan di situ tempatnya. Kalo kemarin nggak dicoba ya nggak bakalan tau. ^^

    Siapa tau entar di tempat yg nerima kamu, kamu bisa berprestasi. Dapet beasiswa, terus duit beasiswanya buat beli kompter/hp baru. Haha..

    keep spirit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak :D

      Semoga gitu mbak, tapi kalo niatnya uang beasiswanya buat gituan kayaknya nggak bakalan dapet. Jadi niat awalnya beasiswanya buat bayar les, tapi pas udah dapet ternyata buat jajan. Lah.. sama aja.

      Hapus
  8. baru sekali doang ditolak belum berkali-kali kan ngerasain sakitnya gimana #eeaaa
    hemm, coba lagi co sampe berhasil. kalo ga lulus yang negri, swasta mungkin yg t'baek *pukpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih banyak jalan. Semoga selanjutnya aku nggak gagal :D

      Hapus
  9. co aku dongoke koe.ne lolos sbmptn, pak ora o?

    BalasHapus
  10. Gak masuk PTN bukn berarti akhir dunia men. Lagian banyak orang orang orng yang kuliah di luar PTN bisa sukses.

    Semoga tes selanjutnya bisa keterima di PT yang lu pengenin nih. Usahain sesuai passion, jangan sampe salah jurusan :)

    BalasHapus
  11. sama saya juga nggak lolos snmptn, semua itu butuh perjuangan. Untuk mencari tempat kuliah memang tidak mudah. Ikut sbmptn aja, terus juga nggak usah terlalu banyak belajar sih saran dari gue, santai aja. Sebelum ikut sbmptn lu juga harus buat rencana, seandainya nggak lolos sbmptn. Ini tips buat lu http://www.kucingkecil.my.id/2015/04/tips-memilih-perguruan-tinggi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, aku udah punya rencana kok. Dan udah memikirkan mau gimana kalo nantinya kemungkinan terburuk yang terjadi.

      Hapus
  12. Saya nggak pernah ikutan PTN mas, jadi kurang mengerti sama perasaannya gimana.

    Tapi semangat aja deh, masih bisa nyoba lagi tahun depan kalau mau.

    BalasHapus
  13. Kita sama nco. kamfret tenan.
    kau ngetest dimana memangnya nco?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampret emang jal.
      Aku milih di UNS Solo jal.

      Hapus
  14. Aduh, bokap lu sungguh ajaib. Masa muntah batu akik. Kalo bapak lu muntah sehari 5 kali, dan yang dikeluarin itu batu bacan doko, duitnya bisa buat jalan-jalan tuh, itung-itung ngelupain sakitnya penolakan ini :D

    Tetep semangat co! masih ada SBMPTN kan? Belajarlah yang rajin! Gue yakin lu bisa kalo lu sungguh-sungguh! Kegagalan ini bukan berarti akhir dari segalanya. Lu harus bisa bangkit dan buktikan lu bisa sukses di kesempatan selanjutnya.. Semangat !! :D

    Oh iya, gue mesen satu bacan dong sama bapak lu hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nih ri, masalahnya kadang bapak aku muntahnya batu akik palsu. Pas aku mau jual eh malah aku digebukin sama pembeli gara-gara dibilang penipu.

      Siip, tetep semangat ri. Semoga aja keberuntunganku ada di jalur tes, bukan di jalur gaza.

      Jangan ah ri, mitosnya kalo bapakku ngeluarin batu bacan, dia nggak bisa boker sebulan.

      Hapus
  15. Tetap semangat co, masih banyak jalan menuju roma irama, eh maksud gue roma italia (hah atris dangdut mana lagi nih ? halah lupakan deh hahaha).

    gue juga pernag mengalami hal serupa co, ketika penguman mendapakan warna merah, saking merahnya sampe membuat gue sakit mata. :D

    jangan terlalu berkceil hati co, dan gue inget kata-kata sahabat gue "Tenang, masih banyak jalan untuk bisa diterima di PTN bro, dan lulus SNMPTN itu, bukan jalan-jalan satu-satunya untuk bisa menjadi sukses...."

    ya kita yakin sebagai pejuang SBMPTN 2015, ketika pengumuman kita bisa mendapatkan warna hijau, dan nama kita terukir dengan PTN yang kita inginkan.

    tetap semangat bro, sampai jumpa di medan perang, hehehe semoga kita berdua menjadi orang yang beruntung di SBMPTN 2015. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roma mi Roma, nggak pake Irama -_-

      Semangat bareng mi, kita pejuang SBM tahun ini. Semoga ini jalan kita, dan semoga kita nggak dapet penolakan lagi :))

      Hapus
  16. Ah, judulnya menipu, gue kira ini curhatan ketika lu ditolak sama calon pembeli batu akik eh gebetan, ternyata ditolak SNMPTN. Yang sabar ya, mas, masih banyak kok jalan menuju PTN. Ada SBMPTN, ada jalur Mandiri, dan ada tahun depan.

    Yakinlah kalau berusaha pasti suatu saat nanti akan lulus, Tuhan punya rencana terbaik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh maaf, udah ditolak, nipu lagi :(

      Amin, semoga diberi jalan yang terbaik, dan bukan jalan menuju mantan :))

      Hapus
  17. Waduh... walaupun nggak lolos masih ada jalan lain sob. tetep semangat dan jangan sampai putus asa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, tetep semangat kok buat nyoba jalan yang lain :D

      Hapus
  18. Dulu SNMPTN selalu jalur tertulis. Ya ampun.. Zaman ku dengan zaman mu sangat berbeda :'

    Semangat yah, Coooo.. Semoga lulus di SBMPTN! Aamiiin.. :D

    BalasHapus
  19. aku juga gak lolos snmptn dulu broth. rasanya itu kecewa , sakit, ah sudahlah. Rasanya mau marah. Dulu snmptn itu jalur tes masuk PTN. Dan gila aja yak, teman-teman yang peringkatnya di bawahku masuk. sedangkan aku enggak. bayangin aja tuh rasanya gimana. huhuhu.

    tetepi semakin ke sini, aku bersyukur nggak lolos snmptn. :D
    Rejeki itu sudah ada yang ngatur. Kita tinggal bersyukur dan menjalani dengan baik. Karena toh, pada akhirnya nanti kita akan mendapatkan yang lebih baik dari yang hilang itu. Percaya deh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit, nyesek, dan nyeri haid pasti rasanya :')

      Siip mbak, semoga aku dapet yang lebih baik dari yang hilang itu :D

      Hapus
  20. Semangaaaaat! SNMPTN gak lolos bukan berarti nggak ada kesempatan lain, semangat semangat! Sampai jumpa di post yang kamu bakal cerita gimana diOSPEK di PTN yg kamu inginkan ya hehehe. Goodluck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih, semoga beberapa bulan kedepan bisa posting cerita itu :D

      Hapus
  21. Semangwt co.,..itu cuuma bagian dari garis idup?
    satu jslan ketutup, masih kebuka sejuta jalan yg lain

    Mlebu kampusku se pakek pmdk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jalanku dibuat belok belok sama Tuhan :D

      Kampuse mabk nita mana emang?

      Hapus
  22. Semangaaat kak! Menerima penolakan itu emang gak mudah, sama kayak ditolak cewek. move on nya lumayan butuh proses. begitupun SNMPTN. Aku juga pernah ngerasain yang demikian. bikin nyesek dan hilang, patah arang dan ga bersemangat. tapi dibalik itu semua ada keputusan terbaik dari Tuhan yang maha bertindak dengan benar. Jangan putus asa kak. Gagal SNMPTN bukan berarti kamu dikucilkan atau tersisih dari pergaulan umat manusia. Coba jalur test yang lainnya semoga ada takdir terbaiknya disitu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga jalur yang lain adalah jalur terbaik, dan semoga nggak gagal lagi di jalur test. Tetep semangat :D

      Hapus
  23. Ditolak SNMPTN.... mungkin kakak terlalu baik buat dia :') *eeh baper-_-*
    Tetap semangat yaaaa!!! \m/

    BalasHapus
  24. pasti ada jalan jalur lain selain SMPTN kak, yang penting tekanya aja udah bulat. pasti selalu ada cara. Semangat kak !! :D

    BalasHapus
  25. Cari lagi kak mungkin kakak emang ga cocok di SMPTN

    BalasHapus
  26. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
    PALING MISKIN
    DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .SUAMI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
    DAN 10 TAHUN ITU
    KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
    TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
    KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
    AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
    SEMUA TIDAK PERNAH
    MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR,
    (MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
    (MBAH JOYO RATMO). DAN
    AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
    SAYA SANGAT
    BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
    TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
    MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
    INGIN MERUBA NASIB
    SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
    DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100% . ATAU {>>>>>KLIK DISINI<<<<<}

    BalasHapus